Selasa, 03 Januari 2017

Makanan Sehat untuk Penderita Amandel

Makanan Sehat untuk Penderita Amandel
Bila menderita sakit tenggorokan yang disebabkan oleh amandel, proses makan dan minum pasti terasa tidak nyaman. Amandel sering menyebabkan nyeri tenggorokan saat menelan, demam dan menggigil, telinga atau rahang sakit. Namun, mengonsumsi makanan kaya gizi yang mudah untuk ditelan sangat ideal untuk proses penyembuhan dan mengurangi infeksi amandel. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat bagi penderita amandel agar gejala tidak semakin parah.

Anak-anak antara usia 5-15 tahun paling sering menderita radang amandel, tetapi orang dewasa juga dapat terserang infeksi ini. Pasien bisa kesulitan bernapas yang disebabkan oleh pembesaran amandel bisa melakukan operasi pengangkatan. Namun, sebelumnya lebih baik kita mencegah dan mengobatinya secara alami.

Cara Alami Perawatan dan Pengobatan Amandel
Ada banyak cara merawat amandel secara alami, mulai dari makanan dan buahan-buahan serta minuman yang bisa meredakan gejala amandel. Beberapa pengobatan konvensional yang sudah digunakan selama ribuan tahun terbukti manjur. Jadi pastikan untuk melakukan perawatan amandel dengan cara alami terlebih dulu untuk meminimalisir efek samping yang obat kimia.
Baca juga: Buah-Buahan dengan Manfaat Penyembuhan

Makanan dan Minuman yang Sehat untuk Menyembuhkan Amandel
Ada banyak makanan alami di luar sana yang dapat membantu dan meredakan rasa sakit di tenggorokan karena amandel.

  • Bubur Beras
Bubur beras adalah makanan yang paling mudah untuk penderita amandel karena lunak dan mudah untuk ditelan. Anda dapat menambahkan beberapa jenis rempah-rempah sehat seperti cengkeh untuk menyembuhkan radang amandel.

  • Bayam
Bayam rebus atau kukus bisa menjadi pelega dan menyembuhkan infeksi tenggorokan karena amandel. Rebus sup bayam dan tambahkan sedikit merica bubuk. Anda akan mendapatkan hidangan yang sangat lezat, sehat dan meredakan gatal dan sakit pada tenggorokan.

  • Kentang
Kentang tumbuk adalah makanan lain yang efektif dan sehat yang dapat menyembuhkan radang amandel. Kentang tumbuk mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan bahan tambahan lainnya. Selain sehat dan meredakan infeksi amandel, kentang juga mengandung karbohidrat yang akan membuat kita merasa kenyang.

  • Jahe
Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang efektif dan alami sebagai obat-obatan keluarga, dan sangat ampuh untuk mengobati amandel dan infeksi tenggorokan lainnya. Anda dapat membuat campuran jahe dengan madu untuk menyembuhkan amandel dan melegakan tenggorokan. Jahe juga efektif mengatasi batuk kering.

  • Madu
Madu bisa dikonsumsi mentah/langsung atau mencampurnya dengan merica bubuk hitam untuk menyembuhkan radang amandel. Ini adalah salah satu cara mengobati amandel yang terkenal manjur.

  • Lemon dan Madu
Ini adalah salah satu resep pengobatan alami lainnya untuk menyembuhkan radang amandel. Siapkan segelas air hangat kemudian tambahkan beberapa tetes madu dan jus lemon. Aduk rata dan minum, rasakan khasiatnya untuk meredakan amandel terutama yang sedang membengkak.

Pada dasarnya, ketika menderita amandel kita harus menjaga pola makan dan minum. Pilih minuman dingin atau hangat seperti air es atau jus. Asupan cairan ke dalam tubuh sangat penting ketika menderita radang amandel. Cairan tambahan akan menjaga tingkat energi Anda tetap stabil dan menghindari dehidrasi. Jika Anda mengalami dehidrasi saat perawatan amandel, maka jangka waktu penyembuhan akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari waktu normal. Minuman dapat dikonsumsi hangat, tapi menghindari minuman panas yang dapat mengiritasi tenggorokan Anda. Hindari jus dengan kandungan asam yang tiggi seperti jus jeruk.

Makanan juga sangat berpengaruh ketika seseorang menderita amandel. Tekstur makanan yang lembut seperti bubur, puding, yogurt dan selai. Perlahan-lahan konsumsi makanan yang lebih kasar ketika iritasi tenggorokan mulai membaik. Selain itu, sup yang berisi sayuran, pasta, atau potongan daging lembut adalah pilihan yang sehat untuk orang yang menderita amandel.

Ketika Anda menderita radang amandel, bila perlu bawalah humidifier (perangkat untuk menjaga suasana lembab) sebagai persiapan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Mandi shower air hangat juga dapat membantu meredakan gejala ketidaknyamanan karena amandel.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon