Rabu, 09 Januari 2019

Mengapa Hidung Anjing Selalu Basah dan Berair?

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang setia dan dekat dengan manusia. Pernahkan Anda mengamati bahwa hidung anjing cenderung dalam kondisi basah dan lembab? Selain itu juga suhu hidung anjing lebih dingin dari suhu sekitar. Anda tidak perlu khawatir, memang umum hidung anjing kadang kering atau basah, pertanda kesehatan yang baik. Tapi apa penyebab hidung anjing  basah?

Mengapa Hidung Anjing Selalu Berair?
Hidung anjing basah


Salah satu teori bahwa anjing selalu menjilati hidungnya, air liur (saliva) yang dihasilkan membantu melapisi hidung dengan lendir yang diproduksi di lubang hidung. Sehingga, dengan menjilati lendir meningkatkan kemampuan anjing untuk mencium berbagai bau di sekitarnya.
Baca juga: Inilah Hewan-Hewan Pembawa Virus

Bagaimana hal ini terjadi? Ketika anjing menghirup udara, mereka menghirup partikel kecil. Partikel-partikel ini terperangkap dalam lendir hidung mereka, yang membantu anjing mengetahui apa yang mereka cium. Saat seekor anjing menjilati hidungnya, ia mengambil beberapa kotoran yang beraroma. Lidah kemudian menyapu kelenjar penciuman di atap mulut, yang membuat anjing mengetahui apa yang sebenarnya mereka cium. Sifat inilah yang biasa dimanfaatkan oleh pihak berwajib atua kepolisian untuk mencari jejak berdasarkan penciuman anjing.

Teori lain adalah bahwa hidung anjing yang basah membantu menjaganya tetap dingin dalam cuaca hangat. Ketika kita sebagai manusia berkeringat, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat berfungsi mendinginkan tubuh kita. Anjing, bagaimanapun tidak berkeringat. Itu karena mereka tidak memiliki kelenjar keringat, kecuali di bagian bawah bantalan kaki mereka. Sebaliknya mereka terengah-engah untuk menenangkan diri.
Baca juga: Penyebab Ukuran Otak Manusia Berbeda-Beda

Namun, hidung anjing tidak seperti bagian tubuhnya yang lain, tidak tertutup bulu. Itu juga penuh dengan pembuluh darah. Ketika seekor anjing menjilat hidungnya, berdasarkan teori di atas berarti ia sedang mendinginkan dirinya saat air liur menguap, seperti halnya keringat manusia. Hal ini membuat area permukaan hidung dingin, bersama dengan darah yang beredar di sekitar hidung. Akibatnya, darah yang lebih dingin mengalir melalui tubuh anjing, membuat suhu tubuhnya sedikit lebih dingin.

Pada kondisi lain, mengapa hidung anjing sering kali kering? Salah satu penyebabnya mungkin karena jarang dijilati. Sentuhlah hidung anjing Anda di pagi hari. Kemungkinan besar akan sangat kering karena saat anjing tidur, ia jarang menjilat hidungnya. Peranakan anjing tertentu, seperti bulldog dan pug, juga memiliki hidung yang sebagian besar kering. Umur juga menjadi salah satu faktor hidung anjing kering.

Intinya adalah jika anjing Anda memiliki hidung kering, usahakan agar anjing lebih dingin. Tunggu beberapa jam dan dia akan basah lagi.

This Is The Newest Post

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon