Kamis, 13 Desember 2018

Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Di berbagai tempat banyak kita jumpai minuman yang menggoda seperti kopi, teh, minuman ringan, minuman olahraga dan minuman penambah energi, dan lain sebagainya. Tapi tahukah Anda bahwa air putih adalah minuman terbaik yang bisa kita konsumsi. Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar penyusun tubuh kita adalah air, itulah sebabnya air menjadi asupan penting bagi manusia.

Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari
Manfaat Minum Air Putih Setiap Hari

Kebutuhan akan air bisa dikatakan lebih tinggi daripada makanan. Sebagai manusia, tubuh kita terdiri dari sekitar 70% air dan hampir setiap aspek dari fungsi tubuh kita membutuhkan cairan. Air membentuk sebagian besar medium yang membantu sel-sel kita berkomunikasi satu sama lain. Tanpa air kita hanya bisa bertahan hidup selama beberapa hari. Muncullah autran tidak baku agar kita minum minimal delapan gelas per hari. Tapi sebenarnya kebutuhan akan air dipengaruhi banyak faktor, antar lain:

  • Status kesehatan umum seseorang. Orang yang menderita nyeri kronis perlu mengevaluasi asupan air secara serius. Secara klinis, seseorang yang sakit akan mengalami peningkatan kondisi kesehatan dalam perawatan jika tubuh terhidrasi yang lebih baik.
  • Aktivitas sehari-hari. Apakah Anda melakukan aktivitas yang meningkatkan kehilangan air tubuh  atau berkeringat? Apakah Anda bekerja secara terus-terusan, atau apakah Anda memiliki pekerjaan yang sering dilakukan di luar ruangan dan di bawah terik matahari? Semua aktivitas ini beresiko membuat seseorang kekurangan cairan, sehingga membutuhkan lebih banyak air minum.
  • Konsumsi banyak minuman seperti kopi atau minuman ringan. Kopi dapat bertindak sebagai diuretik, yang berarti dapat meningkatkan intensitas buang air kecil. Definis banyak konsumsi kopi dalam hal ini antara lain meminum 3 cangkir atau lebih kopi dalam satu hari. Minuman ringan juga menimbulkan banyak masalah kesehatan karena kandungan gula dan zat lain sangat tinggi dibandingkan air segar.
Baca juga: Dampak Buruk Minum Kopi Bagi Kesehatan

Salah satu masalah terbesar bagi peminum kopi atau minuman ringan dalam jumlah besar adalah fakta bahwa minuman tersebut akhirnya menggantikan air sebagai asupan cairan harian. Sekali lagi, kopi adalah diuretik. Jumlah kopi yang berlebihan justru dapat memperburuk keseimbangan air di dalam tubuh. Jika situasi ini berlangsung cukup lama, seseorang yang sedang sakit bisa mengalami rasa sakit yang mengganggu yang tidak merespons terapi konvensional.

Kebutuhan air begitu besar di dalam tubuh, banyak sekali penyakit yang disebabkan kekurangan air. Asupan kopi yang tinggi juga bisa menyebabkan kehilangan mineral dan kalsium. Setiap orang harus menyadari bahwa hidrasi tidak dapat datang dari sumber lain selain air.

Tidak ada patokan pasti berapa banyak air yang harus diminum seseorang, tapi saran ahli untuk minum minimal 8 gelas sehari masih menjadi alasan yang realistis. Jika urine tampak berwarna kuning gelap, asupan air perlu ditingkatkan. Warna urine biasanya berwarna kuning pucat. Orang yang menjalani terapi bodywork seperti pijat atau perawatan chiropractic juga harus minum air dengan jumlah yang lebih tinggi untuk memaksimalkan terapi tersebut. Peminum kopi perlu membatasi 1 cangkir saja dalam satu hari, jika terpaksa maksimal 2 cangkir.

Air putih apa yang baik untuk diminum? Saat ini banyak beredar air kemasan, air beraroma, air vitamin dan tentu saja, air keran. Sumber terbaik untuk minum dan memasak, adalah air yang disaring atau dimasak. Bentuk lain dari air biasa seperti air kemasan atau botol, masih lebih baik daripada air yang mengandung soda. Air yang tidak segar dapat menjadi masalah karena tambahan zat lain terutama gula.

Air kemasan beredar di mana-mana, selain mempopulerkan kebiasaan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, di sisi lain juga memicu penggunaan botol plastik besar-besaran yang menjadi limbah ke lingkungan kita, yang memungkinkan bahan kimia tertentu seperti phthalates terserap ke dalam tanah, air dan tubuh kita. Hal ini menimbulkan berbagai risiko termasuk kanker. Mulai sekarang gunakan botol stainless steel atau kaca untuk menyimpan air. Jika Anda terpaksa masih menggunakan botol plastik, cegah agar terhindar di bawah sinar matahari. Juga, jangan menggunakan plastik untuk menyimpan atau memanaskan air dalam waktu lama, karena ini dapat meningkatkan residu kimia dari plastik.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon