Jumat, 05 Oktober 2018

Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Perut Kembung

Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Perut Kembung
Jahe sudah menjadi obat tradisional alami yang sudah diakui oleh dokter dan praktisi herbal. Jahe sudah dikenal selama ribuan tahun di India dan Asia Tenggara yang merupakan habitat aslinya sebagai tanaman penyembuh berbagai macam penyakit, termasuk Indonesia. Tapi mungkin manfaat yang paling dikenal adalah efek antiemetik, yaitu manfaatnya terhadap muntah dan mual.

Jahe telah menjadi subjek banyak penelitian medis dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar menegaskan manfaatnya untuk berbagai macam penyakit dan tidak hanya untuk masalah pencernaan. Jahe juga telah terbukti memiliki efek positif untuk radang sendi, kekebalan tubuh, kolik, masalah jantung dan flu. Ada juga kemungkinan bahwa jahe dapat menghambat perkembangan jenis tumor tertentu.

Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Perut Kembung
Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Perut Kembung

Tetapi yang paling terkenal dari manfaat jahe adalah sebagai obat sistem pencernaan. Hal ini karena jahe telah terbukti bekerja sebagai karminatif (penghambat perut kembung) dan spasmolitik usus (menenagkan saaluran pencernaan). Ini juga dapat membantu mengatasi mual yang disebabkan oleh gerakan, kehamilan dan kemoterapi.
Baca juga: Teknik Relaksasi untuk Ibu Hamil

Kita sering mengartikan jahe segar yang kita makan, yang berupa potongan-potongan kasar dengan kulit keras sebagai "akar jahe", tetapi itu kurang akurat. Jahe yang kita makan sebenarnya adalah rimpang dari tanaman dengan nama latin Zingiber officinale (batang horizontal dari akar yang meluas). Gingerol adalah senyawa aktif dalam rimpang jahe. Senyawa ini memberikan rasa dan aroma yang khas, dan juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.

Para ilmuwan tidak yakin bagaimana gingerol mempengaruhi sistem pencernaan kita, tetapi mungkin ada hubungannya dengan penyumbatan reseptor serotonin di usus yang menjadi penyebab rasa mual. Ada juga kemungkinan bahwa gingerol membantu tubuh melepaskan enzim yang membantu dalam pemecahan makanan.
Baca juga: Akibat Memasak Makanan Menggunakan Microwave


Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Perut Kembung
Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Perut Kembung

Ada berbagai macam cara untuk memanfaatkan jahe sebagai penghilang rasa mual. Teh jahe adalah cara pertama yang sering direkomendasikan. Untuk membuatnya cukup iris tipis beberapa potong jahe mentah dan taruh dalam air panas selama beberapa menit. Anda bisa menambah madu atau lemon untuk menambah aroma. Anda juga bisa menambahkan jahe segar ke dalam makanan atau mengkonsumsi suplemen jahe, permen, bubuk, ekstrak, kapsul, dan minyak jahe.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon