Selasa, 09 Oktober 2018

Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas

Kulkas adalah alat rumah tangga yang sangat berguna sehingga banyak dari kita beranggapan bahwa semua jenis makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Meskipun kulkas dapat menjaga agar daging sapi mentah lebih tahan lama, membuat sayur segar lebih lama, tapi ada jenis makanan tertentu kehilangan tekstur dan rasa lebih cepat dari yang seharusnya.

Berikut jenis makanan yang jauh lebih baik disimpan di luar kulkas:

Roti

Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas
Roti
Kulkas bisa menjadi tempat menyimpan irisan roti, mengingat roti adalah makanan yang mudah rusak. Tapi kenyataanya roti tidak disarankan disimpan di dalam kulkas.

Meskipun kulkas dapat menunda pertumbuhan jamur, suhu yang didinginkan dalam kulkas sangat kering dan karena itu akan mempercepat roti basi. Roti yang dipanggang dengan baik sebaiknya disimpan pada suhu kamar dalam kantong kertas, kantong berlubang, atau bahkan diletakkan begitu saja di atas piring. Dengan demikian roti dapat mempertahankan komposisi dan tekstur aslinya. Meskipun kelembaban ruangan sangat bervariasi di berbagai tempat, sepertinya tidak ada ruangan dengan suhu yang sama seperti dalam kulkas. Jika kita diharuskan menyimpan roti segar untuk jangka waktu yang lebih lama, masukkan ke dalam plastik yang rapat sebelum menyimpannya di dalam kulkas.
Baca juga: Dampak Memasak Makanan Menggunakan Microwave

Kentang

Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas
Kentang
Meskipun kentang termasuk sayuran, tapi ternyata kentang tidak baik jika disimpan di dalam kulkas. Ini karena kesegaran kentang tidak dapat bertahan pada suhu di bawah 7 derajat Celcius. Pada suhu ini, sari pati bawaan kentang mulai terurai menjadi gula, yang pada akhirnya dapat menyebabkan perubahan tekstur dan rasa yang membuat kentang menjadi lebih manis dan lebih keras.

Sebaliknya, simpanlah kentang di lingkungan yang gelap dan lembab dengan suhu sekitar 10 derajat Celcius. Seperti kita ketahui di Indonesia merupakan iklim tropis yang lebih hangat, sehingga kita masih bisa menyimpannya di lemari dapur. Sebaiknya jangan simpan kentang terlalu lama, pastikan untuk menghabiskannya dalam satu atau dua minggu. Setelah itu, kentang akan mulai bertunas.

Labu

Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas
Labu
Tidak perlu tempat penyimpanan khusus untuk labu, cukup letakkan saja di atas meja jika akan dimakan dalam waktu dekat. Jika ingin untuk menyimpannya lebih lama jangan menyimpannya di dalam kulkas, pilih tempat yang sejuk dan gelap, dengan suhu 10 derajat Celsius seperti di dapur, laci atau lemari.

Labu akan bertahan lebih lama jika tidak saling bersentuhan atau dengan permukaan yang keras, jadi disarankan untuk membungkusnya dengan kertas atau kain. Beberapa varietas tertentu dapat bertahan berbulan-bulan dengan cara ini, dengan asumsi area penyimpanan cukup dingin. Pastikan untuk tidak menyimpan labu di samping buah atau sayuran yang menghasilkan etilena (gas hidrokarbon yang dikeluarkan oleh pematangan buah dan sayuran seperti tomat, bawang, dan pisang matang), karena dapat menyebabkan labu cepat membusuk.

Tomat

Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas
Tomat
Penyimpanan terbaik untuk tomat adalah ruangan dengan suhu kamar karena dapat menjaga rasanya tetap baik. Tomat matang biasanya bertahan selama sekitar 2-3 hari, dengan syarat setelah pembelian disimpan dengan batang di atas, jauh dari sinar matahari langsung, dan idealnya dalam kantong kertas. Ini karena paparan sinar matahari yang hangat akan memanaskan tomat dan membuatnya melunak lebih cepat. Perhatikan bahwa beberapa varietas tomat telah secara khusus dikembangbiakkan untuk memperpanjang masa simpan dan dapat disimpan selama satu atau dua minggu.

Tomat yang disimpan di kulkas akan berubah cita rasanya karena suhu ekstrim. Jika Anda benar-benar harus menyimpan tomat agar bertahan lebih lama, Anda bisa meletakkannya di lemari es dengan syarat tunggu sekitar satu jam setelah mengeluarkannya dari kulkas sebelum diolah.

Bawang

Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas
Bawang
Sama seperti kentang, bawang lebih baik disimpan di lemari dapur. Perbedaannya adalah kita mencari lingkungan yang kering, gelap dan sejuk, dibandingkan dengan lingkungan lembab yang gelap dan dingin yang cocok untuk kentang. Hindari menyimpan bawang dalam kantong plastik karena aliran udara tidak bisa masuk. Buatlah ventilasi yang cukup agar tetap segar dan beraroma.

Kadang-kadang, kita harus mendinginkan bawang. Secara khusus, bawang yang sudah dipotong-potong harus selalu didinginkan. Bawang yang ringan dan memiliki kandungan air yang tinggi, dapat didinginkan jika diperlukan untuk mencegah kerusakan. Tetapi pastikan untuk menggunakan pengaturan kelembaban terendah yang tersedia di lemari es Anda karena bawang lebih cocok di lingkungan yang benar-benar kering.

This Is The Newest Post

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon