Kamis, 28 Juni 2018

Cara Membersihkan Jaket Kulit yang Kusam

Jaket kulit menjadi pilihan banyak orang karena nyaman dipakai dan awet. Memang harganya agak mahal perlu perlakukan khusus saat mencucinya. Membersihkan jaket kulit tidak sama dengan cara membersihkan baju dan pakaian yang lain. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membersihkan jaket kulit jika kotor atau bernoda. Berikut cara membersihkan jaket kulit yang benar agar tidak rusak.

Cara Membersihkan Jaket Kulit yang Kusam
Membersihkan jaket kulit yang kusam
Jangan gunakan pembersih berbasis amonia atau pemutih untuk membersihkan jaket kulit. Kandungannya dapat merusak lapisan luar dan menyebabkan kulit menjadi terlalu kering atau bahkan retak. Jangan menggunakan terlalu banyak air, karena air dapat menodai bahan kulit.

Jika terkena noda, segera bersihkan tumpahan pada jaket kulit dengan kain lembut. Kulit berpori pada jaket kulit akan menyerap cairan menyebabkan terbentuknya noda jadi harus segera dibersihkan. Kulit juga bisa tergores, jadi jauhkan benda tajam di sekitarnya.

Untuk membersihkan jaket kulit, campur larutan air hangat dan sabun cuci piring, celupkan kain lembut ke dalamnya, peras dan lap jaketnya. Anda juga dapat membuat larutan pembersih dari campuran cuka dan air. Gunakan lap bersih lain untuk membersihkan larutan pembersih. Keringkan jaket dengan handuk.

Untuk menghilangkan noda dari jaket kulit Anda, inilah beberapa bahan-bahan yang dapat kita manfaatkan karena aman dan tidak merusak bahan kulit.

Pasta Gigi

Gunakan jari untuk mengoleskan pasta gigi non-gel ke noda pada jaket. Gosok lembut dengan kain lembut, sampai noda terangkat. Jangan menggosok terlalu keras karena bisa menggores atau mengubah warna kulit. Bersihkan pasta gigi dengan lap bersih dan lembab.

Penghapus Cat Kuku

Singkirkan noda tinta dan goresan dengan membersihkan area dengan kapas yang dicelupkan ke dalam penghapus cat kuku. Jangan menggosok terlalu keras atau luas karena bisa membuat noda menyebar. Tekan-tekan dengan lembut sampai noda hilang. Bersihkan dengan kain bersih, lembab dan keringkan dengan handuk.

Baking Soda

Hapus noda minyak atau lemak dengan menaburkan baking soda atau tepung maizena di area yang kotor. Gosok dengan lembut menggunakan kain basah. Diamkan selama beberapa jam atau semalam. Soda akan menyerap minyak. Bersihkan bubuk yang tersisa dengan kain lembut dan keringkan dengan handuk lembut.

Alkohol Spiritus

Ingin tahu cara membersihkan cetakan dari kulit? Campurkan satu bagian alkohol dengan satu bagian air. Basahi kain dengan larutan alkohol dan bersihkan di area yang terkena jamur. Bersihkan dengan lap basah lainnya. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan jamur dari jaket kulit.

Setelah jaket Anda bersih, gunakan conditioner kulit agar tidak kering dan retak, dan membuatnya tahan terhadap noda. Anda dapat membeli kondisioner kulit atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan satu bagian cuka dengan dua bagian minyak biji rami. Oleskan ke kulit, diamkan selama 15 menit dan gosok dengan kain lembut sampai kulit berkilau kembali. Dengan teknik membersihkan jaket kulit ini akan membuat jaket Anda terlihat bagus dan bertahan lebih lama.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon