Senin, 07 Mei 2018

Ketahui Perbedaan Bensin Premium, Pertalite, Pertamax dan Solar

Bahan bakar sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari. Tidak hanya untuk kendaraan, bahan bakar juga diperlukan untuk industri. Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah telah beberapa kali menaikkan harga bahan bakar yang membuat masyarakat harus membiasakan diri dengan harga baru. Beberapa jenis bahan bakar yang kita kenal adalah solar, bensin premium, pertamax dan yang terakhir dirilis adalah pertalite.

Karena memiliki nama yang berbeda-beda tentu tujuan penggunaannya juga berbeda. Kita perlu mengetahui perbedaan bensin premium, pertalite, pertamax dan solar agar kita tahu bahan bakar apa yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan kita.

Baca juga: Perbedaan Injeksi dan Karburator pada Mobil

  • Premium

Hal paling dasar yang membedakan tiap jenis bahan bakar adalah RON, nya atau biasa dikenal dengan bilangan oktan (Real Octane Number). Secara umum, RON merupakan angka yang digunakan untuk mengukur ketahanan bahan bakar terhadap kompresi di dalam mesin tanpa meledak dengan sendirinya. Umumnya kendaraan memiliki jenis mesin dengan angka kompresi tertentu dan bahan bakar yang digunakan harus disesuaikan angka oktannya dengan mesin tersebut. Bensin premium memiliki angka oktan 88, maka hanya digunakan untuk kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, dan lain- lain. Kendaraan yang cocok dengan bahan bakar premium biasanya memiliki rasio kompresi mesin 9 ke bawah.
  • Pertalite

Bahan bakar bensin pertalite memiliki RON yang lebih tinggi, yaitu 90. Dibandingkan dengan premium, pertalite memiliki kualitas yang lebih baik. Untuk kendaraan yang sudah memiliki mesin berkompresi lebih tinggi, maka sudah tidak cocok lagi menggunakan premium. Ketidaksesuaian ini disebabkan oleh knocking yang terjadi. Premium di dalam mesin akan terbakar dan meledak sendiri, tidak sesuai dengan piston. Jika kondisi ini dibiarkan terus-menerus, maka bisa menyebabkan kerusakan pada mesin karena adanya inefisiensi. Dan pada akhirnya akan mengharuskan penggantian piston.
Walaupun begitu, pertalite juga tidak dapat digunakan untuk mesin dengan kompresi di atas 9. Pertalite adalah bahan bakar yang ramah lingkungan. Dibandingkan dengan premium, pertalite tentu menghasilkan tenaga yang lebih halus.
  • Pertamax

Pertamax adalah bahan bakar yang memiliki angka oktan atau RON sebesar 92. Pertamax ini sebenarnya adalah sebagai pengganti Premix 1994, yang bertujuan untuk mengurangi unsur MTBE yang sudah mengotori lingkungan. MTBE (Methyl Tertier Buthyl Ether) adalah bahan aditif yang berfungsi untuk meningkatkan bilangan oktan pada kendaraan bermotor.
  • Solar

Solar atau sering disebut dengan bahan bakar diesel, merupakan bahan bakar yang digunakan untuk peralatan dan mesin industri serta kendaraan yang bermesin diesel. Solar memiliki beberapa ciri khas, yaitu memiliki kekentalan yang cukup agar dapat disemprotkan oleh ejektor di dalam mesin. Sifat yang dimiliki solar juga agak berbeda dengan jenis bahan bakar lainnya, yaitu sifat anti-knocking sehingga mesin bekerja dengan lebih halus.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon