Rabu, 14 Februari 2018

Teknik Relaksasi untuk Ibu Hamil

Teknik Relaksasi untuk Ibu Hamil
Bagi wanita, kehamilan adalah salah satu momen paling berharga dan menakjubkan dalam hidup, tapi juga sebaliknya bisa menjadi saat-saat yang paling menegangkan. Selain semua faktor yang tidak diketahui yang harus dihadapi mulai dari belajar menjadi orang tua dan bertemu dengan sang bayi, ibu juga akan menghadapi perubahan besar pada tubuh dan gaya hidupnya ditambah semua stres lain yang dialami sebelum hamil seperti pekerjaan, keuangan, pekerjaan rumah tangga, dan lainnya. Berikut adalah cara dan teknik untuk tetap rileks dan sehat selama hamil hingga persalinan.

  • Olahraga
Seiring kemajuan kehamilan, calon ibu mungkin akan merasa daya tahan, energi, dan antusiasme untuk melakukan rutinitas olahraga bisa berkurang. Gerakan-gerakan sederhana yang dapat dilakukan setiap hari seperti berjalan, peregangan, latihan keseimbangan, atau aktivitas lain seperti berenang memberikan manfaat besar yang dapat menurunkan risiko saat persalinan, menurunkan resiko diabetes gestasional, menjaga kenaikan berat badan berlebih, dan bahkan meningkatkan kemungkinan kelahiran bayi yang lebih sehat. Lakukan gerakan-gerakan yang dianjurkan oleh dokter agar hasilnya maksimal.
Baca juga: Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

  • Yoga
Yoga yang dilakukan saat kehamilan mungkin merupakan salah satu cara relaksasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri dan bayi. Hal ini dikarenakan yoga membantu ibu hamil menjaga otot-otot tetap kuat dan kencang, dapat membantu tubuh dalam mempersiapkan persalinan, dan memberi kesempatan untuk menenangkan pikiran dengan pernapasan dan relaksasi. Selain bisa dilakukan di gym atau studio yoga, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, asalkan Anda sudah mendapatkan pengetahuan mengenai yoga dari ahlinya, atau juga bisa ditambah dengan modifikasi khusus untuk kehamilan bila diperlukan. Anda juga bisa membeli DVD atau video online untuk latihan di rumah.
Baca juga: Buah Salak untuk Ibu Hamil

  • Pijat
Memijat bisa memberikan Anda kesempatan untuk bersantai, memejamkan mata, dan menghabiskan beberapa waktu melemaskan otot dan pikiran, selain itu masihbanyak manfaat fisik dan kesehatan lainnya. Pijat saat kehamilan dapat mengurangi kecemasan, mengurangi gejala depresi, mengurangi nyeri otot dan nyeri sendi, dan lebih sehat setelah peralinan dan menambah kesehatan bayi baru lahir. Ahli pijat biasanya akan memberikan durasi dan jangka waktu yang tepat untuk Anda melakukan pijat.

  • Tidur
Tidur, terdengar sepele karena secara rutin kita semua melakukannya. Tapi bagi ibu hamil, tidur tidak akan sama seperti saat ia tidak mengandung. Teman dan keluarga tentu mengingatkan untuk tidur yang nyenyak seolah-olah gangguan tidur sering terjadi pada ibu hamil. Secara fisik tentu ada perbedaan yang signifikan bagi ibu hamil saat tidur. Kesulitan bergerak, kram, kesemutan atau harus sering ke kamar mandi. Memperbaiki pola tidur pada masa kehamilan bisa diperbaiki dengan mengembangkan rutinitas sebelum tidur yang konsisten dan menenangkan, tenangkan fisik dan pikiran, biasakan untuk tidur tepat waktu. Selain itu gunakan kesempatan untuk tidur siang bila memungkinkan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon