Minggu, 15 Oktober 2017

Obat Tersiram Air Panas Alami

Obat Tersiram Air Panas Alami
Pertolongan pertama jika terkena air panas. Luka bakar yang disebabkan oleh air panas sangat umum terjadi. Terutama bagi ibu-ibu ketika memasak air. Jika menurut Anda luka bakar yang terjadi serius maka harus segera menemui dokter. Jika tidak, maka kita bisa mengobatinya sendiri menggunakan bahan-bahan alami.

Luka bakar karena terkena air panas sangat umum terjadi, dan berbeda dengan luka bakar karena api. Luka karena terkena api lebih cenderung menimbulkan luka daripada karena tersiram air panas, namun keduanya tetap menimbulkan rasa sakit yang sangat. Kecelakaan akibat air panas bisa dobati dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar.

JENIS LUKA BAKAR

Sebelum memutuskan pengobatan untuk luka bakar yang terjadi, kita perlu tahu jenis-jenis luka bakar. Ada tiga tingkat luka bakar berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

Luka Bakar Tingkat Pertama
Luka bakar tingkat pertama akan mempengaruhi lapisan kulit luar atau superfisial. Gejalanya meliputi kemerahan, bengkak, dan sedikit rasa sakit.

Kulit luar yang terbakar akan terkelupas dalam waktu sekitar 7 hari dan kembali normal dalam waktu 2 minggu.

Luka Bakar Tingkat Dua
Tingkat dua merupakan luka bakar yang lebih serius karena lapisan kedua kulit juga terbakar. Hal oni menyebabkan lecet dan pembengkakan. Rasa sakitnya lebih parah.

Kulit yang melepuh akan terlepas dengan sendirinya dalam waktu satu minggu. Penyembuhan terjadi pada tiga minggu berikutnya dan terkadang bekas luka akan memiliki warna sedikit lebih terang atau lebih gelap setelah masa pemulihan.

Luka Bakar Tingkat Tiga
Ini adalah tingkat luka bakar yang paling parah dan merupakan keadaan darurat yang membutuhkan perawatan medis segera. Luka bakar menembus semua lapisan kulit dan menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan. Luka bakar yang menganga harus segera ditutup untuk menghindari infeksi.
Baca juga: Cara Merawat Kulit Kering dan Kasar

LUKA BAKAR KARENA AIR MENDIDIH

Terkena air panas adalah kecelakaan yang sangat umum di rumah. Kita perlu berhati-hati ketika merebus air di atas kompor, terutama jika di rumah Anda ada anak-anak kecil. Luka bakar kecil tapi serius yang disebabkan oleh air mendidih sering terjadi.

Jika air mendidih hanya sedikit mengenai tubuh atau memiliki kontak yang sangat ringan dengan kulit, akan menyebabkan sedikit rasa sakit dan mungkin akan segera hilang. Metode yang tepat untuk menghentikan rasa panas adalah dengan mengalirkan air dingin di atasnya, mencelup dalam wadah atau di bawah keran, setidaknya selama 5 menit untuk mendinginkan bagian tubuh yang terbakar.

Obat Tersiram Air Panas Alami
Obat Tersiram Air Panas dengan Mengalirkan Air

Jika kondisi luka sedikit lebih serius, lakukan hal yang sama tapi lebih lama. Untuk luka bakar tingkat kedua, basuh luka di bawah air dingin setidaknya selama 15 menit.

Pengobatannya tergantung pada area tubuh yang terluka. Misalnya, Anda bisa menutupi area dengan kain basah atau tempelkan es yang dibungkus dalam kantong plastik (jangan pernah langsung menempelkan es di kulit yang terluka).

PERAWATAN DAN PENGOBATAN KULIT YANG TERSIRAM AIR PANAS

Ketika sedang mendinginkan luka, luangkan waktu untuk melihat kerusakan kulit yang disebabkannya.

Jika rasa sakitnya tidak hilang setelah beberapa menit dan mulai tampak kulit memerah atau terbentuk lepuh, pertimbangkan untuk pergi ke dokter.

Jika tidak dan gejalanya mulai hilang, Anda bisa melanjutkan perawatan sendiri di rumah.

Ambil beberapa kasa dan basahi dengan air. Tutup daerah yang terkena air panas dan biarkan selama 30-60 menit. Jika perlu, ganti kasa beberapa kali. Hal ini dilakukan bertujuan untuk membuat luka terhindar dari kontak dengan permukaan berbahaya dan kontaminan.

Lidah buaya adalah salah satu solusi terbaik untuk luka bakar yang tidak terlalu dalam, baik yang disebabkan karena air panas atau minyak panas. Itulah sebabnya sangat disarankan untuk menanam tanaman lidah buaya di rumah. Selain untuk menyegarkan rumah Anda juga bisa bermanfaat saat keadaan darurat. Belah tangkai lidah buaya secara horisontal untuk mengeluarkan ekstrak gel dari dalam.

Obat Tersiram Air Panas Alami
Obat Tersiram Air Panas dengan Lidah Buaya

Cairan yang keluar dari dalam daun lidah buaya memiliki kekuatan untuk melembabkan kulit Anda. Haluskan dan oles ke daerah yang terluka dan diamkan sampai kering dan meresap.

Jika perlu, Anda bisa membungkusnya dengan kasa steril, meskipun lebih baik membiarkan luka terbuka.

Jika luka bakar karena air panas cukup parah, inilah waktu yang tepat untuk langsung ke dokter. Misalnya saja panci air mendidih jatuh dan mengenai tubuh Anda. Pakaian bisa saja menempel di kulit. Jangan mencoba untuk melepasnya sendiri. Basahi dengan air dingin dan segera pergi ke ruang gawat darurat. Dokter ahli tahu cara yang benar untuk merawatnya untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Jika luka bakar menyebabkan melepuh dan berisi caran, biarkan dan jangan memencetnya karena bisa menyebabkan luka yang lebih serius, jaringan parut, dan bahkan infeksi. Perban dengan rapat sehingga tidak pecah, dan biarkan terbuka selama beberapa menit. Hati-hati karena jika lepuh membesar, segera menemui dokter.

Jika lecet terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan tekanan yang membuat Anda sulit menggerakkannya secara normal, Anda bisa membuat lubang kecil untuk membiarkan cairan keluar. Namun, pastikan untuk mendisinfeksi alat apa pun yang Anda gunakan terlebih dahulu.
Baca juga: Cara Menyembuhkan Alergi Kulit

LANGKAH-LANGKAH PERAWATAN KULIT YANG TERKENA AIR PANAS

Perawatan dan pengobatan ini bisa dilakukan di rumah dan hanya untuk luka ringan sampai tingkat kedua. Untuk luka bakar yang lebih serius, Anda harus segera menemui dokter.

Setelah mengalirkan air dingin sebagai pertolongan pertama, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya:

  • Oleskan beberapa Vaseline (gel yang merupakan ekstrak alami minyak bumi) dan tutupi luka bakar dengan kasa steril.
  • Biarkan perban selama hari pertama tanpa terlalu banyak menggerakkannya.
  • Konsumsi obat pereda rasa sakit dan nyeri (misalnya ibuprofen)
  • Ganti perban dan biarkan terbuka beberapa menit di pagi hari.
  • Basahi kasa sebelum menggantinya agar tidak menempel pada kulit
  • Setelah 7 hari, bersihkan dan lepaskan kulit mati dengan menggunakan kasa yang dibasahi dengan cairan isotonik. Tapi jangan memaksanya karena kulit yang mati akan lepas dengan sendirinya.


Perlu diperhatikan, langkah-langkah di atas adalah saran untuk mengatasi luka karena terkena air panas. Tidak ada pihak yang bertanggung jawab menyangkut proses yang dijelaskan di atas. Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda lakukan, maka langkah terbaik adalah menemui dokter profesional.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon