Senin, 28 Agustus 2017

Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan

Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan
Siapa sangka alang-alang yang banyak kita jumpai di sekitar ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Alang-alang atau biasa disebut Blady grass (Imperata cylindrica) adalah sejenis rumput yang memiliki daun tajam dan biasanya gulma yang mengganggu sawah petani. Daunnya menyerupai pita dengan tepi rata, lurus dan runcing. Tanaman ini mampu berkembang di tempat kering yang banyak mendapat sinar matahari. Meskipun dianggap hama, ternyata alang-alang juga bisa digunakan sebagai obat alami.

Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan
Gambar daun alang-alang

Alang-alang memiliki kandungan sejumlah unsur kimia yang sangat berguna untuk kesehatan. Beberapa unsur meliputi glukosa, manitol, asam sitrat, arundoin, fernerol, achine, polifenol, taninin, dan alkali. Unsur kimia yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk mengatasi penyakit kencing (deuretic), menurunkan panas, menghentikan perdarahan (hemostatik), dan menghilangkan rasa haus.

Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan
Gambar bunga alang-alang

Bagian-bagian tumbuhan alang-alang memiliki banyak sekali manfaat, misalnya bunga dan akarnya berguna untuk antibakteri, diuretik, obat penurun panas, sialagog, styptic dan tonik. Bunganya digunakan dalam pengobatan perdarahan, luka, dan kondisi semacamnya. Ketika didekomposisi dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing, demam, haus, dan lain-lain.

Manfaat Alang-Alang untuk Kesehatan
Gambar akar alang-alang

Akarnya mengandung zat antifebrile, antivinous, diuretik, emolien, hemostatik, restoratif dan tonik. Kandungannya digunakan dalam pengobatan pendarahan hidung, hematuria, hematemesis, edema dan ikterus. Akar alang-alang memiliki fungsi antibakteri melawan Staphylococcus aureus, Bacillus dysenteriae. Rebusan akar digunakan sebagai obat antelmintik dan juga untuk mengobati gangguan pencernaan seperti diare dan disentri. Kulit akar adalah obat penurun panas, restoratif dan tonik. Ekstrak tanaman ini juga telah menunjukkan kemampuannya sebagai virisida dan antikanker.

  • Alang-Alang Sebagai Obat Penyakit Ginjal Akut.
Siapkan akar alang-alang segar sebanyak 60-120 gram, potong kecil-kecil, lalu bersihkan dan cuci sampai benar-benar bersih. Rebus akar dengan 3 gelas air. Tunggu dan biarkan rebusan mendidih sampai tersisa air kira-kira 1 gelas. Kemudian keluarkan dan biarkan air rebusan dingin dan saring untuk memisahkan ampasnya. Minum 2 kali sehari secara teratur untuk mendapatkan khasiat dan manfaat rumput alang-alang sebagai obat penyakit ginjal akut secara alami.

  • Mengobati Urine Bercampur Darah dengan Alang-Alang.
Rebus 100 gram tanaman alang-alang yang masih segar dengan 2.000 cc air sampai tersisa sekitar setengahnya. Minum secara teratur untuk mendapatkan khasiatnya.

  • Alang-Alang untuk Mengobati Muntah Darah.
Ramuan tanaman alang-alang juga bermanfaat dalam mengobati muntah darah. Cara membuatnya siapkan 30-60 gram akar alang-alang segar lalu cuci bersih. Potong-potong seperlunya dan direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Bisa diminum setelah dingin.

  • Mengobati Hepatitis Menular Akut dengang Alang-Alang.
Penyakit hepatitis menyerang masyarakat berbagai usia, mulai dari yang muda hingga yang tua, terutama di Indonesia. Akar dari alang-alang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit hepatitis ini. Ambil alang-alang yang sudah dikeringkan sekitar 60 gram, direbus dalam 3 gelas air dan tunggu sampai tersisa 1 gelas saja. Air rebusan alang-alang ini bisa digunakan untuk 2 kali minum.

  • Alang-Alang Sebagai Obat Urine Bernanah.
Jika Anda penderita urine bernanah (Gonorrhea), Anda bisa mengobatinya dengan membuat ramuan menggunakan alang-alang. Caranya persiapkan 300 gram akar alang-alang yang masih segar. Cuci dan potong-potong seperlunya, rebus dalam 2.000 cc air sampai tersisa kira-kira 1.200 cc, kemudian tambahkan gula batu secukupnya. Setelah itu bagi menjadi 3 bagian, setiap bagian untuk sekali minum. Lakukan ini selama sepuluh hari untuk melihat hasilnya.

  • Mengobati mimisan dengan Alang-Alang.
Tak hanya daun sirih yang berguna sebagai obat mimisan, alang-alang juga nampaknya bermanfaat untuk mengobati mimisan. Siapkan akar segar alang-alang yang sudah dicuci, lalu haluska dan diperas dengan 100cc air, kemudian segera minum. Atau bisa juga dengan cara: ambil 30 gram akar segar alang-alang yang sudah dicuci, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja dan bisa langsung diminum.

Memang tidak banyak orang yang mengetahui manfaat alang-alang untuk kesehatan. Alang-Alang bisa menjadi obat alternatif alami selain melakukan pengobatan modern.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon