Rabu, 26 Juli 2017

Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak

Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak
Jenis kulit berminyak memang membutuhkan perawatan maksimal. Akumulasi minyak pada wajah lebih rentan terhadap komedo dan jerawat. Kulit berminyak akan membuat wajah kusam, kumal, dan basah sepanjang waktu. Namun ada cara agar kulit bersih, bercahaya dan bebas dari minyak.


Kelebihan minyak hasil dari kelenjar sebaceous di kulit wajah menghasilkan sebum berlebih. Orang yang memiliki kondisi ini biasanya memiliki kulit mengkilap dan pori-pori besar. Tapi ada manfaat tersendiri karena kulit berminyak cenderung tampak lebih muda dan sedikit mengembangkan keriput daripada kulit kering atau normal. Jadi kita tidak perlu menganggap kulit yang berminyak berdampak buruk.
Baca juga: Cara Merawat Kulit Kering dan Kasar

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki wajah berminyak:

  • Kulit berminyak memiliki kecenderungan untuk memproduksi lebih banyak sel mati sehingga cepat menyumbat pori-pori daripada kulit kering. Terlalu banyak scrubbing kulit malah akan menghasilkan lebih banyak minyak, maka scrubbing harusnya dilakukan hanya dua atau tiga kali seminggu. Kertas blotting bisa digunakan untuk menyeka minyak pada kulit.
  • Lulur alami yang terbuat dari kulit jeruk dan kulit lemon yang dikeringkan, biji kopi bubuk kasar dengan baking soda bisa menjadi scrub yang lebih baik daripada scrub kimia dan bisa menjadi alternatif mudah untuk mengurangi kulit berminyak.
  • Kulit berminyak bisa ditepuk dengan kertas atau bubuk blotting untuk menghilangkan kelebihan minyak. Cara ini bisa diulangi prosesnya beberapa kali setiap kali kulit terasa kelebihan minyak.
  • Pepaya yang dioleskan di wajah bisa membantu dalam merawat dan menyingkirkan sel kulit mati dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Pepaya merupakan pilihan bagus untuk perawatan kulit berminyak.
  • Wanita dengan kulit berminyak lebih baik menghindari kosmetik. Jika terpaksa harus mengenakan kosmetik maka dianjurkan menggunakan yang berbasis bedak. Bedak akan merendam kelebihan minyak dan menjaga meredakan minyak pada wajah untuk waktu yang lebih lama. Selain itu sebaiknya tidak menggunakan jenis minyak atau krim dingin di wajah. Hal ini cenderung menyumbat pori-pori dan menyebabkan perkembangan jerawat dan komedo. Hindari penggunaan krim berbasis minyak untuk memutihkan kulit.
  • Menu makanan harian yang mengandung gula, makanan gorengan, minuman coklat, minuman beralkohol dan makanan berlemak juga harus dihindari.

Mitos yang berkembang adalah bahwa kulit berminyak tidak perlu dihidrasi atau pelembab. Minyak bukanlah pelembab dan kulit berminyak harus terhidrasi dengan banyak minum air putih. Air adalah salah satu obat alami yang akan membantu kulit Anda mendapatkan cukup elastisitas. Kita harus meminum banyak air agar kulit tidak cepat keriput. Ini juga salah satu tips perawatan kulit berminyak yang bisa dilakukan oleh setiap orang dengan kulit berminyak.
Baca juga: Masker Wajah Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Tomat
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak dengan Tomat
Tomat dikenal berperan sebagai pembersih oleh para ahli di bidang kecantikan. Aplikasi sehari-hari dari buah atau kulit tomat sangat menakjubkan dan tanpa efek samping. Jika Anda sering beraktivitas di luar di bawah terik sinar matahari, Anda bisa memanfaatkan tomat dengan memotongnya dan mengoleskan di atas area yang terpapar sinar matahari.

Kentang
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak dengan Kentang
Apakah Anda ingin mendapatkan kulit putih alami dan mencegah munculnya minyak? Perawatan kentang bisa Anda coba. Kentang mentah adalah bahan alami yang sangat baik untuk kulit. Kandungan dalam kentang berfungsi seperti pemutih alami pada kulit. Anda bisa langsung mengaplikasikannya setelah beraktivitas di bawah panas matahari. Cukup ambil kentang mentah dan potong menjadi beberapa bagian. Gosokkan kentang mentah di atas kulit dan tunggu selama 20 menit. Setelah kering, Anda harus mencucinya dengan air hangat. Inilah cara mengurangi kulit berminyak untuk mendapatkan kulit yang lebih putih.

Lemon
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak dengan Lemon
Sebagian besar produk pemutih kulit mengandung zat kimia, hydro-quinine, yang menghambat produksi melanin di kulit. Hydro-quinine ditemukan tidak aman dan memiliki bahan kimia keras. Sumber alami hydro-quinine adalah asam sitrat yang ditemukan pada semua buah sitrus yang dapat digunakan sebagai zat pencerah dengan bahan lainnya. Campuran jus lemon, minyak zaitun dan gula yang dibuat scrub untuk melembutkan kulit. Lemon dan bubuk kunyit bisa meningkatkan kerutan. Garam, jus lemon dan susu sering digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran.

Almond
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak dengan Almond
Vitamin E yang terkandung dalam almond memiliki khasiat melindungi kulit dari sinar matahari. Pasta dari kacang almond yang dihaluskan dan susu murni bisa membuat kulit lembut dan kenyal serta mencerahkan kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, biasanya selalu diiringi dengan jerawat. Tapi, ada beberapa solusi alami yang akan membantu Anda mengatasi masalah ini. Anda bisa mencoba menggunakan almond dalam bentuk basah dan mengombinasikannya dengan susu agar kulit Anda terlihat cantik.

Mentimun
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak
Cara Membuat Wajah Cerah dan Tidak Berminyak dengan Mentimun
Sudah bukan rahasia lagi bahwa mentimun sangat baik untuk kesehatan kulit. Nuansa segar dari mentimun akan kembali menyegarkan kulit wajah Anda, terutama jika kulit wajah Anda berminyak. Karena mentimun membantu menghilangkan kotoran dari lapisan kulit, Anda akan secara otomatis mendapatkan warna kulit yang lebih terang. Ambil irisan mentimun dengan mengupas kulit dan memotongnya dalam bentuk bulat, kemudian gosok ke wajah dan kulit Anda sehingga mencakup semua bagian wajah dan dimana minyak berlebih berada. Setelah menggosok biarkan bertahan selama 20 menit lalu cuci dengan air dingin.

Masih banyak cara alami lainnya untuk membuat wajah cerah dan mengatasi kulit berminyak. Namun cara-cara di atas adalah yang tergolong mudah dan tidak ribet. Anda bisa mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan dengan mudah.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon