Selasa, 21 Maret 2017

Pengertian dan Cara Kerja Nanoteknologi

Pengertian dan Cara Kerja Nanoteknologi
Pengertian, aplikasi, contoh dan manfaat nanoteknologi bagi kehidupan. Selama Abad Pertengahan, para ilmuwan berusaha untuk mengubah bahan dasar menjadi emas dalam proses yang disebut alkimia. Sementara upaya mereka terbukti sia-sia, pengetahuan alkimia membuka jalan ke ilmu pengetahuan kimia nyata. Melalui kimia, kita belajar lebih banyak tentang dunia di sekitar kita, termasuk fakta bahwa semua materi terdiri dari atom. Jenis atom dan cara atom-atom bergabung bersama menentukan sifat zat ini. Materi terkecil ini berhubungan erat dengan nanoteknologi.

Nanoteknologi adalah ilmu multidisiplin yang berhubungan pada bagaimana kita bisa memanipulasi materi pada tingkat molekul dan atom. Untuk melakukan hal ini, kita harus bekerja pada skala nano (nanoscale), yaitu skala yang sangat kecil sehingga kita tidak bisa melihatnya dengan mikroskop cahaya. Bahkan, satu nanometer sama dengan satu miliar meter dalam ukuran standar. Sulit untuk mengukur ukuran atom yang sebenarnya karena bentuknya yang berbeda-beda. Tapi secara umum, diameter atom secara umum adalah sekitar sepersepuluh nanometer.
Baca juga: Cara Kerja Transistor

Pengertian dan Cara Kerja Nanoteknologi
Infografis mengenai nanoteknologi (americanchemistry.com)

Dengan memanipulasi molekul, kita dapat membuat segala macam bahan yang diinginkan. Tapi seperti pada masa alkimia, hal ini tidak akan membuat banyak kemajuan dalam pembuatan emas. Itu karena emas adalah unsur dasar, kita tidak bisa memecahnya menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Namun, dengan nanoteknologi kita bisa membuat zat lain yang bermanfaat. Dengan memanipulasi molekul untuk membuat bentuk tertentu, kita dapat membangun bahan dengan sifat yang menakjubkan. Misalnya sebuah konduktor atau semikonduktor yang diolah dengan cara yang benar, hasil dari bahan nano bisa ratusan kali lebih kuat dari baja dengan berat hanya setengahnya.

Pengertian dan Cara Kerja Nanoteknologi
Pemanfaatan nanoteknologi dalam bidang medis


Karena ilmu nanoteknologi berkaitan dengan berbagai ilmu dasar dari materi, ada aplikasi yang tak terhitung jumlahnya. Dari yang biasa-biasa saja hingga teknologi yang mempengaruhi sebuah sistem yang besar. Bahkan teknologi yang tampaknya hanyalah sebuah fiksi ilmiah. Nanoteknologi merupakan terobosan besar yang mampu mengubah kehidupan kita.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon