Rabu, 31 Agustus 2016

Cara Hidup Sehat Jasmani dan Rohani

Cara Hidup Sehat Jasmani dan Rohani
Seseorang yang hidup sehat secara jasmani dan rohani menandakan ia dapat mengendalikan emosi dan perilaku mereka. Mereka mampu menjalani kehidupan secara seimbang, membangun hubungan secara emosional dan menjaga kondisi fisiknya agar tetap prima. Perlu upaya untuk membangun atau mempertahankan kesehatan fisik dan mental/emosional.

Hubungan antara jasmani dan rohani merupakan bagian yang saling melengkapi, tidak bisa dipisah. Menjaga keduanya secara seimbang memerlukan proses. Dengan menjaga kondisi tubuh tetap sehat akan memberikan manfaat untuk semua aspek kehidupan Anda, termasuk meningkatkan suasana hati, membangun ketahanan tubuh dan menambah ketenangan hidup.

Kesehatan jasmani yang buruk dapat menyebabkan peningkatan risiko masalah kesehatan rohani. Demikian pula, kesehatan rohani yang buruk dapat berdampak pada penurunan kondisi jasmani, yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit.

Hubungan Antara Kesehatan Jasmani dan Rohani
Ada berbagai studi yang menyatakan bahwa kesehatan rohani sangat mempengaruhi kesehatan jasmani, dan sebaliknya. Depresi menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kematian karena penyakit jantung atau kanker. Depresi diderita banyak orang, meskipun orang tersebut terlihat hidup bahagia. Itulah sebabnya kita harus benar-benar menjaga kondisi rohani kita.
Baca juga: Pengobatan Alami untuk Depresi

Tips Hidup Sehat Jasmani dan Rohani
Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jasmani dan rohani kita. Aktivitas kehidupan sehari-hari yang positif menjadi kunci untuk mendapatkan kebugaran jasmani dan ketenangan rohani. Berikut beberapa cara dan tips yang bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperoleh kesehatan jasmani dan rohani:

  • Gaya Hidup
Faktor gaya hidup ini dapat mempengaruhi keadaan kesehatan fisik dan mental kita. Menjalani aktivitas sehari-hari dengan tenang dan nyaman, meksipun lelah tapi diimbangi dengan rohani yang sehat. Hindari terlalu banyak bekerja, isilah waktu liburan dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan.

  • Olahraga
Olahraga dalam bentuk apapun adalah cara yang baik untuk membuat Anda secara fisik senantiasa sehat serta meningkatkan kesejahteraan mental Anda. Banyak penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga sederhana mempengaruhi pelepasan dan penyerapan bahan kimia yang disebut endorfin di otak, yaitu hormon yang menimbulkan rasa senang. Berjalan-jalan cepat selama 10 menit dapat meningkatkan kewaspadaan mental kita, energi dan suasana hati yang positif.

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh Anda yang menggerakkan otot-otot Anda dan mengeluarkan energi. Mulai dari sekedar berjalan, berkebun, atau bentuk pemanasan tubuh dasar secara signifikan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

Olahraga teratur dapat berpositif untuk mengatasi depresi, gangguan bipolar, kecemasan dan trauma. Olahraga juga menurunkan tingkat stres, meningkatkan daya ingat, dan membantu Anda tidur lebih baik.

  • Menu Makan
Nutrisi yang baik merupakan faktor penting yang bisa mempengaruhi cara pikir kita. Sebuah menu seimbang yang sehat adalah porsi yang mencakup jumlah sehat terdiri dari protein, lemak esensial, karbohidrat kompleks, vitamin, mineral dan air. Makanan yang kita makan dapat mempengaruhi perkembangan, manajemen dan pencegahan berbagai kondisi kesehatan mental termasuk depresi dan Alzheimer (gangguan pikiran, ingatan dan tingkat laku).
Baca juga: Pola Makan Sehat Agar Awet Muda

  • Hindari Merokok
Merokok memiliki dampak negatif pada kesehatan mental dan fisik. Banyak orang dengan masalah kesehatan mental percaya bahwa merokok mengurangi beban pikiran, tetapi efek ini hanya jangka pendek.

Orang yang menderita depresi sebagian besar adalah para perokok. Nikotin dalam rokok mengganggu produksi bahan kimia dalam otak kita. Dopamin adalah zat kimia yang mempengaruhi perasaan positif, dan kadarnya sangat rendah pada orang yang menderita depresi. Nikotin meningkatkan kadar dopamin sementara, tetapi juga mematikan mekanisme alamiah otak untuk membuat bahan kimia ini. Dalam jangka panjang, hal ini bisa membuat seseorang merasa seolah-olah mereka membutuhkan lebih banyak nikotin untuk mendapatkan sensasi positif ini lagi karena otak sudah terbiasa tidak memperoduksinya.
Baca juga: Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

  • Berinteraksi dengan Orang Lain
Faktor lain yang juga mendukung kesehatna jasmani dan rohani adalah sering-sering berinteraksi dan berbicara dengan orang lain di sekitar Anda, baik keluarga, tetangga, rekan kerja atua bahkan orang asing yang Anda temui di tempat umum. Manusia adalah makhluk sosial dengan kebutuhan emosional untuk saling berhubungan dengan orang lain.

Interaksi sosial langsung dengan seseorang yang peduli dengan Anda adalah yang paling efektif untuk menenangkan sistem saraf dan menghilangkan stres. Berinteraksi dengan orang lain bisa dengan cepat membuat tubuh menghasilkan hormon yang mengurangi stres, sehingga Anda akan merasa lebih baik jika sudah mengutarakan apa yang ingin Anda bicarakan. Jika Anda merasa tidak memiliki orang dekat, mulailah dengan membangun persahabatan baru dan meningkatkan koneksi dengan banyak orang.

  • Mengelola Stres
Banyak dari kita menghabiskan begitu banyak waktu sehari-hari merasa stres, kita bahkan tidak lagi menyadarinya. Stres akan terasa normal. Tapi ketika stres mulai meningkat akan bisa merusak suasana hati Anda, pemicu atau memperburuk keadaan jasmani dan rohani yang akhirnya mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Jika Anda telah berusaha secara konsisten untuk memperoleh kehidupan jasmani dan rohani yang sehat, namun masih merasa tidak baik, maka saatnya untuk mencari bantuan profesional.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon