Selasa, 05 April 2016

Cara Kerja Hati pada Manusia

Cara Kerja Hati pada Manusia
Fungsi dan manfaat hati manusia - Hati adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat menakjubkan. Hati adalah salah satu organ terbesar dalam tubuh dan menerima 25% dari jumlah darah yang dipompa jantung setiap denyutnya. Hati memiliki banyak fungsi yang diperlukan untuk menjaga kita tetap hidup. Hati memiliki cara kerja yang unik dan manfaat luar biasa.

Hati menghasilkan protein yang diperlukan bagi tubuh. Banyak pasien dengan penyakit liver memiliki fungsi sintetis normal hingga penyakitnya memburuk. Hati menjadi faktor penting dalam pembuatan koagulasi, protein yang membantu darah menggumpal ketika terdapat anggota tubuh manusia yang terluka untuk melindungi kita dari perdarahan. Ketika hati tidak berfungsi, akan akan membuat darah tidak bisa membeku.

Hati juga menghasilkan cairan empedu, yang membantu kita menyerap makanan dan menghilangkan racun. Garam empedu, yang berasal dari hati dan dibuang ke dalam usus melalui saluran empedu, membantu kita menyerap lemak dari makanan. Ketika hati tidak berfungsi dengan baik, empedu tidak dapat diproses atau dikeluarkan sebagaimana mestinya. Seseorang dapat mengembangkan diare dan gizi buruk.
Cara Kerja Hati pada Manusia
Cara Kerja Hati pada Manusia

Salah satu zat yang terkandung dalam cairan empedu dan dikeluarkan dari tubuh disebut bilirubin. Bilirubin berasal dari sel-sel darah merah yang sudah rusak, yang didaur ulang oleh tubuh sekitar 90 hari sekali. Bilirubin biasanya keluar dari tubuh melalui empedu dan kotoran. Seseorang dengan fungsi hati yang buruk atau dengan penyumbatan aliran empedu tidak akan bisa mengeluarkan bilirubin, yang menumpuk dalam aliran darah. Hal ini dapat menyebabkannya kulit dan mata terlihat berwarna kuning.

Cara Kerja Hati pada Manusia
Cara Kerja Hati pada Manusia

Kolesterol juga keluar dari tubuh melalui empedu, sehingga aliran empedu yang buruk dapat mengembangkan penumpukan kolesterol di kulit. Benjolan di kulit ini disebut xanthomata.

Salah satu fungsi yang paling penting hati adalah untuk detoksifikasi darah. Hati menerima darah dari usus. Darah ini penuh dengan nutrisi tetapi juga mengandung racun dan bahan kimia lainnya yang akan disaring dan dibersihkan oleh hati sebelum memasuki sirkulasi tubuh. Jika fungsi hati tidak optimal, hati tidak akan mampu membersihkan darah. Amonia, yang merupakan salah satu hasil lain dari metabolisme protein, mungkin bisa menumpuk. Hal ini dapat membuat seseorang memiliki kebingungan atau perubahan kondisi mental. Pada penyakit yang sangat parah, gagal hati bahkan bisa menyebabkan koma dan pembengkakan otak.

Hati juga membantu tubuh melawan infeksi. Hati berisi makrofag (sel kekebalan tubuh) yang disebut sel Kupffer. Orang yang mengidap penyakit hati berat tidak bisa melawan infeksi dengan baik yang menyebabkan lebih rentan terhadap infeksi dari aliran darah dan jaringan lainnya.

Setiap hari, hati kita membantu tubuh menyediakan energi dan kekebalan, melawan infeksi dan racun, membantu pembekuan darah, mengatur hormon dan masih banyak lagi. Untuk memberikan gambaran lebih detail tentang peran penting dan cara kerja hati dalam tubuh kita, berikut beberapa fungsi penting hati:
  • Membersihkan darah. Metabolisme alkohol dan obat-obatan lainnya serta bahan kimia, menetralkan dan menghancurkan zat beracun.
  • Mengatur pasokan bahan bakar tubuh. Memproduksi, menyimpan dan memasok energi yang cepat (glukosa) untuk menjaga konsentrasi pikiran dan tubuh agar tetap aktif, memproduksi, menyimpan dan menyalurkan lemak.
  • Memproduksi banyak protein penting tubuh yang terlibat dalam peredaran zat dalam darah, pembekuan darah, memberikan perlawanan terhadap infeksi.
  • Mengatur keseimbangan banyak hormon antara lain hormon reproduksi, hormon tiroid, kortison dan hormon adrenalin lainnya.
  • Mengatur kolesterol tubuh dengan memproduksi kolesterol, mengeluarkan dan mengubahnya menjadi zat-zat penting lainnya.
  • Mengatur pasokan vitamin dan mineral seperti besi dan tembaga.
  • Menghasilkan empedu untuk melawan zat beracun dari tubuh dan membantu pencernaan.

Hati kita berukuran tidak lebih dari satu kilogram, tapi memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh kita. Hati adalah pemroses kimia yang kompleks dan bekerja 24 jam tanpa henti. Memproses hampir semua yang kita makan, minum, bernapas atau apapun yang masuk ke dalam tubuh kita. Semoga sedikit penjelasan mengenai fungsi dan cara kerja hati pada manusia di atas dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga kesehatan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon