Jumat, 23 Oktober 2015

Mobil Matic dan Manual, Mana yang Lebih Cepat?

Mobil Matic dan Manual, Mana yang Lebih Cepat?
Mobil matic dan manual memiliki perbedaan pada sistem transmisinya. Bagi Anda yang terbiasa dengan cara mengemudi manual, akan terlihat perbedaan yang signifikan pada mobil-mobil keluaran terbaru, seperti tidak adanya tongkat transmisi atau perpindahan gigi. Perubahan ini mungkin tampak sedikit kontradiktif, mengingat bahwa sebagian besar produsen mobil bergerak untuk mengembangkan dan memasarkan mobil yang lebih efisien.

Dulu transmisi manual adalah yang paling efisien, tapi mungkin tidak untuk saat ini. Transmisi manual juga mengalami ketinggalan dari segi efisiensi. Namun, teknologi transmisi manual masih unggul pada stu faktor penting. Kita pasti berpikir bahwa mobil dengan transmisi manual dapat berakselerasi lebih cepat, tapi sebenarnya tidak.

Baca juga: Penyebab Mobil Terasa Oleng

Sangat mudah untuk melihat penyabab mengapa banyak orang percaya bahwa pergeseran gigi membantu pergerakan mobil lebih cepat dan akselerasi lebih baik. Transmisi otomatis tradisional kadang-kadang memang bisa terasa sedikit lemah, terutama dengan beban mesin yang berat. Meskipun dengan kelemahan tersebut, transmisi otomatis menjadi semakin populer di kalangan konsumen rata-rata, dan beberapa perusahaan mobil secara bertahap mulai menurunkan produksi mobil manual pada model-model tertentu. Namun demikian, pengguna tertentu seperti pengemudi mobil sport dan kendaraan high-end lainnya masih memilih mobil manual, yang mungkin membuat orang beranggapan bahwa mobil tersebut menawarkan kinerja yang lebih unggul.

Mobil Matic dan Manual, Mana yang Lebih Cepat?
Perbedaan mobil manual dan matic

Mungkin di beberapa titik di masa lalu, transmisi manual benar-benar tidak diragukan lagi kecepatannya daripada mobil matic. Namun dengan kemajuan teknologi dan inovasi yang telah membuat mesin mobil transmisi otomatis menjadi lebih efisien, yang juga dengan mudah mampu melampaui kecepatan mobil manual tertentu. Continuously Variable Transmissions (CTVs) dan transmisi semi manual otomatis bahkan lebih cepat daripada model mobil matic tradisional yang membuktikan bahwa teknologi mobil matic semakin berkembang.

Baca juga: Perbedaan Injeksi dan Karburator pada Mobil

Hal ini mungkin masih menjadi perdebatan yang sedikit memanas, terutama untuk penggemar setia mobil manual. Permintaan konsumen mungkin akan tetap membuat mobil manual masih diproduksi, sampai batas tertentu setidaknya untuk masa mendatang. Beberapa orang pasti masih percaya bahwa mobil manual lebih cepat daripada mobil matic, tentu dengan spesifikasi mesin yang sama. Tapi kenyataannya, banyak produsen terkenal mulai meningkatkan produksi mobil matic dan menurunkan produksi mobil manual.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon