Sabtu, 11 April 2015

Cara Mudah Agar Otak Lebih Cerdas

Cara Mudah Agar Otak Lebih Cerdas
Apa yang dimaksud dengan cerdas? Beberapa orang menilai kecerdasan dengan tolak ukur standar seperti nilai ujian dan indeks prestasi rata-rata. Orang lain lebih condong ke arah akal sehat, kemampuan pemecahan masalah dan kecerdasan mengatasi masalah untuk mendefinisikan kecerdasan. Dari sini dapat kita pahami bahwa IPK bukan merupakan indikator sejati dari tingkat intelijensi.


Kita semua tidak bisa sepakat tentang standar ukur kecerdasan, tapi kita semua sepakat bahwa otak manusia adalah kunci untuk semuanya. Otak kita memiliki kapasitas yang besar untuk beradaptasi, membangun dan tumbuh. Jaringan saraf semakin luas dan kuat melalui pengalaman belajar. Rangsangan membuat otak lebih kuat dan lebih peka. Penguatan kekuatan otak ini mempengaruhi kecerdasan di semua standar, dari kecerdasan pengalaman hingga kecerdasan skor pengujian.
Berikut terdapat beberapa cara agar kita dapat meningkatkan kapasitas otak untuk mengambil dan menyimpan data baru. Atau, secara sederhana adalah cara agar kita bisa lebih cerdas.

Meditasi
Selama ribuan tahun, meditasi telah dilakukan oleh orang-orang sebelum kita. Latihan meditasi dapat memiliki efek yang berbeda-beda untuk setiap orang, tetapi umumnya melibatkan ketenangan, latihan pernapasan terfokus di mana seseorang mampu mencapai keadaan tenang secara mental. Terlepas dari apakah Anda percaya bahwa ketenangan mental adalah keadaan kesadaran yang tercerahkan, tidak ada yang bisa menyangkal manfaat dari kondisi santai dan pernafasan yang fokus.
Cara Mudah Agar Otak Lebih Cerdas
Penelitian telah mengungkapkan bahwa meditasi secara teratur juga mempengaruhi struktur yang sebenarnya dari otak. Para peneliti percaya bahwa memori, fungsi, rentang perhatian dan fokus semua merupakan manfaat dari meditasi. Satu studi menunjukkan bahwa meditasi setiap hari secara teratur bahkan dapat meningkatkan ukuran bagian dari korteks serebral (bagian dari otak kita). Tidak mengherankan, beberapa perusahaan terkemuka dan berpikiran maju di dunia menawarkan kelas meditasi bagi karyawan mereka.

Melatih Otak
Otak, seperti bagian tubuh manusia lainnya, perlu olahraga secara teratur untuk mempertahankan kekuatan dan vitalitas. Beberapa latihan penguatan otak secara umum termasuk kegiatan yang menyenangkan seperti teka-teki silang, game Sudoku, dan permainan asah otak berbasis kata dan angka. Ada cara lain yang lebih akademis juga, seperti menyelesaikan masalah kata matematika dan latihan yang berkaitan dengan hubungan spasial dan geometri. Bahkan dengan hanya membaca artikel ini akan memberikan otak Anda sedikit latihan. Jika gagasan-gagasan ini terlalu ilmiah untuk Anda, cobalah hal-hal sederhana dengan mengubah rutinitas keseharian Anda, misalnya sikat gigi dengan tangan berlawanan atau berangkat kerja melalui rute yang berbeda agar otak bekerja lebih keras dari biasanya, yang pada akhirnya akan memberikan pengalaman baru terhadap otak.

Cukup Tidur
Latihan secara sadar memang diperlukan untuk membantu meningkatkan fungsi otak sehingga terjadi peningkatan kinerja otak. Tapi bagaimana dengan tidur? Tidak banyak yang diketahui tentang tidur, tetapi selama bertahun-tahun para ilmuwan telah salah persepsi dengan meyakini bahwa otak benar-benar tidak aktif selama kita tidur untuk mengisi ulang. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa bagian otak tetap aktif saat tidur. Informasi dari hari sebelumnya disusun dan dimasukkan ke dalam lokasi mental yang tepat sehingga dapat dipisahkan antara memori jangka pendek ke jangka panjang. Masalah tidur telah dikenal dapat memperburuk masalah otak lainnya, sehingga masuk akal bahwa tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus. Hal ini cukup bervariasi dari setiap orang, tetapi antara 6-8 jam tidur untuk orang dewasa umumnya cukup direkomendasikan.

Rawat Tubuh Anda dengan Baik
Setiap bagian tubuh manusia semua terhubung, sehingga kondisi salah satu bagian juga beroengaruh terhadap bagian lain. Latihan fisik sangat penting untuk kesehatan, baik untuk tubuh dan otak, meningkatkan aliran darah dengan oksigen dan glukosa dalam otak. Koordinasi ketika melakukan olahraga juga memberikan latihan untuk otak, terutama jika Anda mencoba sesuatu yang baru. Olahraga juga berarti Anda berjuang melawan gaya hidup, atau bebas dari rangsangan mental.

Cara Mudah Agar Otak Lebih Cerdas

Makanan juga penting. Ada banyak makanan yang telah dikaitkan dengan kesehatan otak, termasuk minyak ikan, telur, protein dan sayuran hijau gelap. Teh hijau, teh herbal dan kacang-kacangan juga baik sebagai makanan otak. Menu makan yang benar, mendapatkan jumlah sesuai yang diperlukan ketika tidur dan latihan, baik mental maupun fisik, adalah kunci untuk meningkatkan memori dan fungsi otak secara keseluruhan.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon