Jumat, 27 Maret 2015

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara
Suara keras dari anak Anda sedang berlatih band pasti mengganggu orang lain. Kadang-kadang, suara musik stereo yang cukup keras benar-benar dapat membuat Anda terganggu atau tidak bisa tidur. Suara bisa sangat invasif dan sulit untuk dihilangkan tidak peduli seberapa keras Anda mencoba. Tapi ada cara untuk menghalau kebisingan tanpa menyebabkan terhentinya kegiatan orang lain, karena Anda pasti tidak ingin menghentikan bakat anak-anak Anda.

Mengontrol suara adalah tentang belajar bagaimana untuk menghentikan getaran, karena itulah yang menghasilkan suara. Sifat dan lokasi suara yang akan dikontrol juga dapat menjadi faktor penting. Cara kerja dsar peredam suara adalah dengan menyerap gelombang suara, dan ada perbedaan antara meredam suara dari dalam ke luar dan dari luar ke dalam.

Jenis Bahan Peredam Suara
Bayangkan Anda sedang berdiri di ujung jalan berteriak pada anak-anak Anda untuk berhenti bermain. Semakin kosong ruang antara Anda dan anak-anak, suara Anda semakin tidak dapat diengar. Jika Anda berada di dalam rumah dan berteriak kepada anak-anak yang berada di luar, suara Anda juga akan sulit mereka dengar. Dinding rumah akan menghentikan suara Anda. Jarak, bahan lunak dan hambatan padat (massa) menjadi bahan peredam suara yang baik.

Anda mungkin tidak dapat memindahkan rumah Anda ke jarak yang jauh dari sumber suara, tetapi Anda dapat menempatkan bahan penyerap suara antara Anda dan sumber suara, atau antara suara yang Anda buat dan dunia luar. Batu dan bata merupakan bahan yang keras, tapi yang dimaksud dengan menambahkan lapisan massa adalah benda-benda seperti rak buku (lengkap dengan buku), tirai dan karpet juga membantu meredam suara.

Pilihan lain adalah dengan menambahkan isolasi dan peredam suara ke dinding. Ruang-ruang kosong di dalam dinding dapat membantu menghilangkan suara, tetapi isolasi memberikan hasil yang lebih baik. Anda dapat menggunakan bahan peredam suara viskoelastik khusus, ditambah dengan bahan isolasi standar akan memberikan fungsi peredam tambahan.

Suara menyebar melalui celah dan retakan dan keluar atau masuk melalui titik-titik yang sama di mana udara dapat masuk. Segel jendela yang longgar, adanya jarak dengan tepi dinding, celah dan retakan semua daerah di mana suara dapat menembus. Dengan kata lain, cari semua lubang di dinding dan tutup dengan bahan peredam suara.

Kebisingan dapat berlipat ganda karena memantul dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini seperti siklus yang berputar. Menambahkan tumpukan juga membantu menyerap getaran suara, dan bahan yang lebih bertekstur (memiliki sudut dan celah) dapat mengurangi kemampuan suara untuk melompat-lompat.

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Memiliki banyak furniture empuk, lingkungan tertutup dan terisolasi atau dinding tebal akan membantu ruangan agar kedap suara, tetapi Anda mungkin masih perlu tambahan lain. Salah satu cara tercepat untuk menambah daya peredaman suara ke dalam ruangan adalah dengan ubin akustik, yaitu ubin berpori yang dirancang untuk menangkap suara dan menjaganya agar tidak memantul. Biasanya, semakin banyak bahan yang dapat menyerap suara, semakin sedikit dibutuhkan ubin. Ubin akustik tersedia untuk instalasi langit-langit dan dinding, dan biasanya dinilai berdasarkan efisiensi pengurangan kebisingan.

Membuat Dinding, Jendela dan Pintu Kedap Suara
Pintu, jendela dan ventilasi lain dapat memberikan tantangan lain. Suara itu seperti air: mengarah ke mana saja asalkan bisa masuk.

Dinding. Jika dinding Anda terisolasi atau terbuat dari batu bata atau batu, Anda sudah memiliki sebagian syarat lapisan keras. Bila Anda perlu perlindungan tambahan, Anda memiliki dua puluhan: dari dalam atau luar. Ubin akustik, panel dinding, kain dan hambatan vinil lain dirancang untuk dipasang pada permukaan dinding sehingga cukup mudah dipasang. Bahan-bahan tersebut mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang bauk. Ada juga produk peredam suara seperti isolasi fiberglass, vinil dan hambatan yang dirancang untuk instalasi di luar dinding.

Jendela. Jendela kedap suara atau jendela standar dengan tambahan lapisan kaca dapat membantu menangkis suara. Selain itu juga memiliki lapisan udara di antara panel kaca. Jika Anda memiliki bingkai jendela aluminium, perubahan ke vinyl akan membantu mengurangi suara.

Pintu. Seperti halnya jendela, pintu juga akan memberikan kebocoran suara baik masuk dan keluar, bahkan ketika sedang ditutup. Untuk menciptakan sebuah penghalang suara yang lebih baik di sekitar pintu, Ganti rangka pintu yang kosong dengan bahan MDF (medium density fiber) atau pintu kayu solid, dan menambahkan lapisan busa di sekitar rangka pintu. Apapun pilihan Anda, pastikan Anda memiliki pintu dengan bagian bawah yang pas di tempat.

Jika Anda memiliki studio musik atau tidak ingin ada yang mendengar suara dari dalam ruangan pribadi, Anda dapat mencoba cara-cara di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam meredam suara.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon