Senin, 29 Desember 2014

Menu Sarapan Pagi yang Baik untuk Otak

Menu Sarapan Pagi yang Baik untuk Otak
Mungkin Anda sudah mendengar ungkapan ini jutaan kali: Sarapan adalah menu makan yang paling penting untuk menjalani hari. Itulah sebabnya ibu Anda selalu mencoba untuk membuatkan Anda makanan pagi meskipun itu sangat sederhana seperti telur mata sapi. Sarapan benar-benar penting, seperti yang dapat kita lihat banyaknya orang yang antri di warung setiap pagi. Karena sarapan mempengaruhi metabolisme tubuh manusia, orang-orang yang secara rutin sarapan pagi cenderung memiliki berat badan yang sehat. Tapi apakah Anda tahu bahwa sarapan juga sangat mempengaruhi otak Anda?
Kita sedang membahas mengenai menu sarapan yang tepat, bukan hanya sepiring penuh nasi yang hanya mengandung karbohidrat. Jika Anda memakan menu yang tepat untuk sarapan, Anda akan lebih cermat, energik dan tajam mental pada siang hari. Kunci untuk sarapan sehat adalah protein dan biji-bijian.

Havermut
Havermut juga dikenal dengan nama oat atau oatmeal. Ketika kita tidur di malam hari, pada dasarnya kita sedang puasa. Oleh karena itu sarapan merupakan waktu berbuka puasa. Ketika Anda bangun, otak Anda membutuhkan pasokan segar gula darah atau disebut juga glukosa. Tapi, meskipun sarapan dengan yang manis-manis akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat, juga meningkatkan resiko kelebihan gula darah beberapa jam kemudian.
Menu Sarapan Pagi yang Baik untuk Otak
Gandum oatmeal, seperti semua hasil biji-bijian lainnya, di sisi lain, menyerap perlahan ke dalam tubuh manusia. Gula darah Anda akan naik pada tingkat yang tidak terlalu ceapat dan stabil.
Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang makan oatmeal ketika sarapan mencapai hingga 20 persen lebih tinggi pada tes daripada anak-anak yang makan sereal manis. Hal ini juga mendukung teori bahwa gula darah mempengaruhi memori dan konsentrasi.

Telur
Telur adalah pilihan sarapan tradisional, mudah diolah dan memiliki kandungan yang sangat bermanfaat. Telur tinggi protein, dan karena protein membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh Anda untuk mencernanya, Anda akan merasa kenyang lebih lama, yang berarti akan membuat Anda cenderung untuk mengurangi makanan ringan bergula di antara waktu sarapan dan makan siang. Hal ini tidak hanya membantu kontrol berat badan, tetapi juga membantu menjaga gula darah dan kewaspadaan mental pada tingkat yang sehat.
Menu Sarapan Pagi yang Baik untuk Otak
Putih telur mengandung bentuk paling murni dari protein yang ada. Kualitas tinggi dari protein telur membantu tubuh lebih baik ketika menyerapnya. Telur juga penuh dengan vitamin dan mineral, yang merupakan senyawa yang diperlukan untuk menjaga tubuh dan pikiran bekerja bersama-sama secara optimal dan seimbang.

Selai Kacang dan Kue Gandum
Selain lezat, jenis sarapan ini juga penuh dengan energi. Dengan selai kacang, Anda mendapatkan manfaat dari protein (Anda akan merasa lebih kenyang daripada hanya memakan kue manis). Ditambah roti, Anda mendapatkan manfaat gandum yang membuat gula darah Anda lebih stabil dan sehat sepanjang pagi.
Menu Sarapan Pagi yang Baik untuk Otak
Roti panggang ditambah beberapa irisan buah seperti pisang akan menambahkan lebih banyak vitamin berharga, terutama potasium, yang membantu menjaga oksigen otak untuk berpikir lebih jelas dan meminimalisir stres.

Yogurt
Yoghurt untuk sarapan mungkin menjadi hal yang belum umum di kalangan masyarakat kita, tapi jenis yogurt Yunani saat ini sangat meroket popularitasnya. Tidak hanya memiliki protein dua kali lipat daripada yogurt biasa, tapi juga lebih kaya dan creamy. Ekstra protein akan membuat Anda merasa lebih kenyang sepanjang pagi.
Menu Sarapan Pagi yang Baik untuk Otak
Yoghurt Yunani juga lebih rendah karbohidrat. Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh kita, tapi jika berlebihan akan menjadi malpetaka di kemudian hari. Dan perlu Anda ketahui bahwa penyakit yang disebabkan oleh gula akan diikuti dengan penurunan kewaspadaan mental. Tambahkan juga beberapa buah almond bersama yogurt untuk meningkatkan rasa dan lemak sehat.

Makan Malam untuk Sarapan
Artinya kita menunda makan malam kita hingga waktu sarapan. Tentu saja tidak ada aturan yang mengharuskan Anda melakukan ini. Jika Anda terlalu bosan ketika makan pagi yang sama setiap hari, makan malam untuk sarapan akan membuat Anda lebih bernafsu makan ketika sarapan.
Hal ini bukan berarti kita menikmati sarapan dengan makanan semalam yang mungkin sudah hampir basi. Anda dapat memasukkan kentang panggang dengan yogurt, ditaburi dengan daun bawang ke daftar menu. Atau sup sayuran hangat dengan beberapa roti gandum kering. Atau burger vegetarian tinggi protein dan tortilla gandum.

Yang paling penting adalah kita dianjurkan secara rutin untuk sarapan setiap pagi agar kondisi tubuh kita tetap segar untuk menjalani hari.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon