Selasa, 23 Desember 2014

Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia

Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia
Semua orang ingin bahagia, tapi itu tidak berarti semua orang dapat merasakan senang, menjadi perjuangan bagi sebagian besar kita untuk terus tetap dalam semangat yang positif. Terdapat industri farmasi yang didasarkan pada pengetahuan kimia untuk merangsang rasa kepuasan, tetapi bagaimana jika ada cara untuk membuat suasana hati gembira secara alami pada diri seseorang? Bagaimana jika, tanpa pil atau kapsul, Anda bisa mendapatkan suasana emosi yang menggembirakan dari makanan yang Anda makan?

Seperti jenis obat, makanan-makanan ini bertujuan untuk memberikan tingkat emosional yang berbeda ketika Anda membutuhkannya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar suasana hati orang bisa sangat positif dipengaruhi oleh perubahan sederhana dalam diet, dan banyak orang mungkin menemukan bahwa makanan memberikan khasiat yang lebih baik untuk menjaga rasa bahagia daripda obat-obatan yang diproduksi perusahaan farmasi.
Anda akan melihat ada beberapa jenis makanan yang akan membuat Anda lebih bahagia. Selain itu juga akan membuat Anda menjaga agar memiliki wajah yang selalu gembira.

Sayur Bayam
Bayam pasti akan mengingatkan kita pada tokoh kartun Popeye, bayam mungkin bukan hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kita membahas "makanan bahagia". Ada banyak orang yang menikmati sayuran berdaun ini, tetapi kebanyakan generasi sekarang lebih suka melahap es krim atau sepotong kue daripada makan sayur bayam. Bayam sebenarnya mengandung senyawa yang aktif bekerja untuk menjaga otak Anda tetap bahagia.
Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia
Bayam dan sayuran hijau lainnya, seperti kangkung sangat tinggi akan folat, bentuk alami asam folat yang ditemukan dalam makanan. Folat adalah vitamin B alami yang membantu otak membuat serotonin, neurotransmitter yang erat dengan rasa kebahagiaan. Ada banyak studi yang menghubungkan tingkat folat dan serotonin yang rendah sangat rentan akan depresi, dan bukti kuat bahwa bahan kimia ini memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Bayam mungkin tidak secara spontan mengubah anda menjadi seorang pahlawan berotot seperti Popeye, tetapi akan membantu Anda mempertahankan pandangan positif dan sikap bahagia.
Bayam sangat mudah diolah dan dapat dimasukkan ke dalam menu diet, cocok sebagai pendamping hampir semua makanan seperti telur. Banyak orang percaya bahwa bayam dan bawang dapat melengkapi satu sama lain, jadi cobalah menambahkan bayam untuk setiap hidangan yang mengandung bawang.
Neurotransmiter. Otak menggunakan neurotransmitter untuk saling berkomunikasi dan mengontrol tubuh. Dua jenis neurotransmitter mengontrol suasana hati: Excitatory neurotransmitter bertindak sebagai perangsang, dan Inhibitory neurotransmitter seperti serotonin, bekerja untuk menenangkan pikiran dan melawan rangsangan.

Kacang
Jika Anda jatuh dalam kesedihan dan mencari cara cepat mengubah nuansa pikiran Anda, cobalah makan beberapa kacang, ada yang bilang terutama kacang Brasil. Kacang ini merupakan sumber selenium, yang selain membantu menangkal depresi dan menjaga suasana hati yang baik, juga diduga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Meskipun para ilmuwan masih belum tahu pasti bagaimana selenium mempengaruhi suasana hati kita, tapi jelas mineral ini memainkan peran penting dalam kebahagiaan mental dan kesejahteraan kita.
Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia
Tubuh dan pikiran kita membutuhkan selenium, tetapi jika terlalu banyak, mineral ini dengan cepat dapat menjadi zat beracun. Efek dari selenium tidak terlalu fatal, tapi kacang Brasil mengandung selenium dengan intensitas lebih dari makanan lain, sebagai perbandingan hanya enam butir kacang mengandung 100 persen dari asupan selenium harian yang direkomendasikan.
Kacang Brasil juga mudah dimasukkan ke dalam menu diet Anda, memiliki rasa yang mirip dengan almond, cocok sebagai makanan penutup.
Selenium. Zat ini menyatu dengan protein untuk menciptakan selenoproteins, enzim antioksidan penting yang melindungi sel dari radikal bebas, senyawa tidak stabil yang menyerang sel-sel manusia dan kerusakan DNA. Selenoproteins ditemukan di seluruh tubuh. Namun, peran yang paling penting adalah di otak di mana fungsinya adalah mendukung neuronal pertumbuhan.

Ayam Kalkun
Anda mungkin berpikir ayam kalkun jarang kita jumpai di kehidupan sehari-hari, tapi di wilayah Eropa ayam ini menjadi konsumsi umum, terutama untuk acara Thanksgiving. Ayam kalkun mengandung banyak gizi, makanan yang dapat membantu menjaga rasa bahagia dalam diri kita.
Ayam kalkun mengandung jumlah fenilalanin yang tinggi, asam amino esensial otak yang digunakan untuk membuat dopamin, suatu neurotransmitter yang mengaktifkan beberapa pusat kebahagiaan dalam pikiran. Dopamin dapat segera meningkatkan suasana hati Anda, juga membantu mencegah depresi dan bahkan dapat meningkatkan motivasi.
Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia
Ayam kalkun yang mengandung Asam amino, yang disebut tryptophan adalah prekursor untuk produksi neurotransmitter serotonin, yang memiliki efek menginduksi proses tidur pada otak. Bahkan, pernah diyakini bahwa makan kalkun yang tinggi tryptophan, bisa membuat Anda mengantuk. Tapi seiring berjalannya waktu hal ini merupakan mitos belaka.

Minyak Ikan
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ikan merupakan daging yang rendah kalori dan lemak jenuh, makan ikan tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, juga dapat membantu Anda menurunkan tingkat depresi. Ikan berminyak, seperti makarel, salmon, trout, tuna dan belut yang biasanya tinggal di dekat permukaan laut. Jenis ikan di atas kaya akan asam lemak omega-3, yang memainkan peran penting dalam fungsi otak, dan memiliki banyak manfaat meningkatkan suasana hati. Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi harian asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan lebih efektif dalam mengurangi gejala depresi, termasuk kesedihan, insomnia, pesimisme, kurangnya motivasi dan libido yang rendah, dibandingkan obat-obatan antidepresan.
Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia
Namun, ikan berminyak tidak selalu sehat dan cocok untuk kesehatan Anda, ikan-ikan sering terkontaminasi dengan polusi lingkungan. Selain itu, ikan yang paling berminyak sangat tinggi merkuri, yang bisa sangat berbahaya bagi anak-anak yang belum lahir. Bahkan, pemerintahan beberapa negara menyarankan wanita usia subur untuk tidak mengkonsumsi lebih dari dua porsi ikan berminyak per minggu. Namun, ikan berminyak masih penting untuk mengembangkan bayi dalam rahim, yang juga menekankan pentingnya ibu hamil mengkonsumsi ikan beberapa kali sebulan.
Ikan berminyak dapat dipanggang, dibakar atau digoreng, dan dapat dimakan sendiri atau disajikan dalam salad atau sandwich.
Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan juga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung dan diyakini angat bermanfaat dalam perkembangan kognitif awal anak-anak. Ada juga bukti bahwa asam lemak dapat menunda atau mencegah penurunan kognitif pada orang tua.

Cokelat
Jika ayam kalkun erat hubungnnya dengan Thanksgiving, cokelat merupakan bagian tak terpisahkan dari Valentine. Banyak orang yang membuang rasa kesepian dengan makan cokelat. Cokelat disukai oleh semua orang di seluruh dunia karena rasa yang kaya, manis dan dapat membantu mengubah hati menjadi lebih gembira, dan cokelat diyakini menjadi makanan paling tinggi efeknya dalam mengubah suasana hati.
Makanan yang Membuat Kita Lebih Bahagia
Cokelat mengandung asam lemak unik yang disebut cannabinoids, yang juga ditemukan dalam ganja. Cannabinoids mempengaruhi bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori dan gerakan dan dapat menyebabkan seseorang merasa sangat santai. Tapi jangan khawatir, polisi tidak akan mengeluarkan tindakan keras terhadap cokelat yang kita konsumsi. Meski coklat mengandung bahan kimia ini, jumlahnya tidak terlalu besar.
Anda mungkin tidak mendapat kebahagiaan instan dari permen cokelat karena semakin alami cokelat, semakin baik efek potensialnya, jadi usahakan mengkonsumsi cokelat asli yang biasanya berwarna gelap. Cokelat alami mengandung bahan kimia dopamin dan serotonin.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon