Jumat, 12 Desember 2014

Hewan-Hewan Terpintar di Bumi

Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Hewan merupakan makhluk hidup di bumi dengan kecerdasan di bawah manusia. Kita mampu mengembangkan kecerdasan kita dengan waktu yang relatif lebih cepat daripada hewan, bahkan beberapa jenis hewan mungkin saja tidak dapat mengembangkan fungsi otak mereka. Tapi ada hewan-hewan yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata hewan lainnya. Anda penasaran?

Di bawah ini adalah kumpulan daftar hewan dengan kecerdasan lebih, mulai dari yang memiliki kecerdasan rata-rata hingga yang paling cerdas.

Tikus
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Tikus bisa dikatakan hewan yang cerdas. Hewan yang sangat cerdas namun banyak digunakan dalam penelitian, tikus laboratorium telah dikenal seabgai jalan pintas, celah dalam percobaan laboratorium yang dirancang oleh pikiran ilmiah kita. Dalam budaya Cina, tikus dihormati karena kecerdikan dan akal. Dan untuk alasan yang baik, tikus telah berhasil menyebar ke setiap benua di Bumi kecuali Antartika. Tapi kemungkinan mereka mampu bertahan hidup di tempat dengan suhu rendah.

Gurita
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Gurita, invertebrata dengan kekuatan dan keterampilan bahkan mampu masuk ke tempat yang sangat kecil. Gurita menjadi salah satu makhluk cerdas di laut. Hewan ini masih belum bisa dipahami secara maksimal, tetapi para ilmuwan terus-menerus menemukan kemampuan gurita baru yang mengesankan. Mereka dapat bermain-main, memecahkan masalah, menavigasi melalui labirin dan memiliki memori jangka pendek yang dapat disimpan dalam otak mereka. Tapi bagaimana hewan yang termasuk dalam kelas yang sama seperti siput mampu memiliki kecerdasan seperti itu? Mungkin ini adalah kombinasi kekuatan, kelincahan, rasa ingin tahu, dan banyak kemampuan otak yang membuat gurita berbeda dari jenis-jenis hewan bertubuh lunak lainnya.
Baca juga: Proses Kamuflase pada Hewan untuk Mempertahankan Diri

Burung Merpati
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Merpati merupakan burung yang sangat berlimpah di sebagian besar wilayah baik di benua Amerika, Eropa dan Asia, tetapi kebanyakan orang menganggap mereka sebagai hama. Namun, burung yang tersebar di mana-mana ini sebenarnya cukup pintar. Karena merpati telah menjadi subyek percobaan ilmiah yang tak terhitung jumlahnya, ada banyak pengetahuan tentang kemampuan intelektual mereka. Sebagai contoh, merpati dapat mengenali ratusan gambar bahkan setelah beberapa tahun telah berlalu. Mereka juga dapat mengidentifikasi diri mereka di cermin, diajarkan untuk melakukan urutan gerakan dan membedakan perbedaan antara dua benda, cukup mengesankan untuk hewan yang hanya dianggap hama.

Tupai
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Ketekunan hewan ini serta tingkat memori yang tinggi telah membuatnya menjadi musuh alami para tukang kebun. Kebanyakan tupai memiliki jajaran trik dan strategi yang membantu mereka bertahan hidup. Sebagai permulaan, makhluk pintar ini adalah hewan hutan tapi telah mampi menyesuaikan diri dengan kehidupan bersama manusia, mencuri makanan, menjelajahi taman-taman dan mencari makanan apapun yang mungkin tergeletak di sekitar. Mereka juga mampu menyimpan makanan untuk dan kemudian mencari kembali setelah beberapa bulan kemudian. Mereka juga bisa berpura-pura menyembunyikan makanan untuk membingungkan hewan pencuri lain. Hal ini membuat peneliti percaya bahwa mereka memiliki tingkat intelektual dan kelincahan lanjut.

Babi
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Meskipun reputasi kerakusan dan kebersihan yang buruk, babi sebenarnya hewan yang cukup cerdas. Baik spesies domestik dan liar dikenal memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi ekologis yang berbeda. Mereka tampaknya setidaknya terlatih seperti kucing dan anjing, bahkan di beberapa negara babi telah menjadi hewan peliharaan. Tidak seperti kebanyakan hewan lainnya yang secara jelas terbagi menjadi herbivora dan karnivora, babi adalah omnivora dengan memakan hewan-hewan kecil dan tumbuhan.

Burung Gagak
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Keluarga burung ini termasuk jenis yang kuat. Jenis burung gagak mampu memahami lebih baik daripada sejumlah orang akan pentingnya menunggu lampu lalu lintas berubah. Gagak yang tinggal di beberapa daerah perkotaan tertentu dikenal dengan kebiasaan mengumpulkan kacang dari pohon dan kemudian menempatkannya di jalan raya sehingga mobil yang lewat dapat memecahkan dan membuka kulitnya. Kemudian, setelah menunggu dengan sabar sebelum lampu lalu lintas berubah, mereka kembali ke jalan untuk mengambilnya, ini adalah contoh yang mengesankan tentang inovasi hewan. Gagak juga berkomunikasi dalam dialek rumit dalam populasi tertentu dan bermain game dan trik satu sama lain. Beberapa ilmuwan bahkan percaya bahwa gagak lebih cerdas daripada primata.

Gajah
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Berlawanan dengan persepsi populer, gajah lebih dari sekedar hewan lamban raksasa dengan telinga besar dan memori yang baik. Bahkan, gajah cukup elegan, berbudaya dan memiliki rasa ingin tahu. Mereka telah dikenal untuk membersihkan alat-alat makanan dan penggunaannya dalam berbagai cara di alam liar, dan mereka juga dapat mengikuti perintah manusia di penangkaran. Gajah juga sangat peduli dan empati kepada anggota lain dari kelompok mereka dan dengan spesies lain, yang dianggap sebagai bentuk intelejensi yang sangat maju.

Orangutan
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Kera besar ini dianggap makhluk cerdas setingkat di bawah manusia. Tentu saja, manusia bisa saja merasa terhina dalam hal ini, namun kapasitas intelektual orangutan sulit untuk diabaikan. Di antara mereka, orangutan sangat menonjol terutama bakat di bagian otak. Mereka memiliki budaya dan sistem komunikasi yang kuat, dan banyak yang telah diamati mampu menggunakan alat-alat di alam liar. Orangutan hidup di masyarakat secara luas, tersebar dan membentuk ikatan sosial yang kuat, yang mungkin menjadi kunci untuk semakin meningkatkan keterampilan kognitif mereka. Wanita tetap tinggal dengan anak-anak selama bertahun-tahun, mengajarkan mereka semua yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup di hutan. Mirip dengan keluarga manusia bukan?

Ikan Lumba-Lumba
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa lumba-lumba menjadi bintang dengan daya tarik tersendiri di dalam akuarium? Tentu karena mereka lebih pintar dari hampir semua makhluk lain di planet ini. Lumba-lumba adalah hewan yang sangat sosial. Pelatihan lumba-lumba dapat kita temukan di lautan dengan berselancar, balap, melompat, berputar, bersiul dan bahkan berhitung. Mereka juga memiliki "bahasa" canggih bahkan manusia masih belum bisa mengungkapkannya. Lumba-lumba menggunakan alat-alat dalam lingkungan alam mereka dan dapat belajar dari jajaran perintah perilaku oleh manusia. Seperti banyak hewan paling cerdas di Bumi, lumba-lumba betina tetap bersama dengan anak-anak mereka selama beberapa tahun, mengajari semua trik dari kehidupan lumba-lumba.

Simpanse
Hewan-Hewan Terpintar di Bumi
Hewan yang dianggap paling pintar dari semua daftar di atas berasal dari keluarga kera besar lain, yaitu simpanse. Kemampuan intelektual yang mengesankan dari hewan ini memiliki karakter yang paling mirip dengan manusia. Mereka dapat membuat dan menggunakan alat-alat, berburu secara kolektif, dan mampu menggunakan otak mereka untuk memecahkan masalah. Mereka juga dapat belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia dan memiliki daya ingat tentang tanda nama individu meskipun sudah tidak terlihat selama beberapa tahun. Tapi mungkin kelebihan yang paling menakjubkan dari simpanse adalah kemampuannya untuk menggunakan simbol-simbol untuk objek dan menggabungkan simbol secara berurutan untuk menyampaikan ide yang kompleks. Tingkat intelektual yang mungkin pusat untuk mempertahankan kelompok-kelompok sosial yang kompleks dari hewan ini, di mana mereka membentuk ikatan yang kuat dan mengamati struktur susunan yang rumit.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon