Selasa, 04 November 2014

Fakta Unik Tentang Jantung Kita

Fakta Unik Tentang Jantung Kita
Manusia dapat hidup karena selalu ada pompa yang menjadi mesin utama kehidupan, yaitu jantung. Tentu saja kita tidak dapat melihat apa yang dilakukannya atau cara kerjanya, tapi kita tidak mungkin mengabaikan setiap detaknya. Jika anda melihat ukuran kepalan tangan Anda, itulah ukuran yang cukup akurat seberapa besar jantung Anda. Beratnya sekitar 7 hingga 15 ons, fungsi dasarnya sebagai pompa, dan mendorong darah melalui jaringan pembuluh darah yang tersebar dis eluruh tubuh kita, dari ujung hingga ke ujung lagi berukuran sepanjang kurang lebih 60.000 mil.

Jantung terdiri dari empat ruang dan empat katup, menerima darah dari dua sumber yang berbeda - darah beroksigen dari paru-paru, dan darah kekurangan oksigen dari tubuh, dan mengirimkan pada dua tempat berbeda sekaligus. Darah tanpa oksigen masuk ke paru-paru untuk mengisi ulang, dan darah yang kaya oksigen dari paru-paru keluar ke seluruh tubuh untuk mengisi setiap sel dan jaringan. Jika proses ini berhenti, berarti berhenti juga kehidupan Anda.
Meskipun jantung Anda seukuran kepalan tangan sepanjang hidup Anda, jantung embrio sekitar sembilan kali lebih besar dari kepalan tangan Anda.
Fakta Unik Tentang Jantung Kita
Jantung embrio mulai terbentuk dalam waktu 16 sampai 19 hari pada masa kehamilan, dan melalui beberapa perubahan yang sangat menarik sebelum berbentuk seperti jantung orang dewasa mini.
Pertama, jantung embrio dimulai seperti tabung kecil, mirip dengan jantung ikan mas. Seiring pertumbuhannya, tabung ini berjalan keluar dari tempatnya dan tertekan hingga menjadi bentuk kembali seperti tapal kuda. Segera setelah itu, berkembang menjadi jantung dua bilik, seperti jantung katak. Dalam waktu tertentu, ruang lain berkembang yang membuatnya terlihat seperti jantung ular. Akhirnya, ruang keempat berkembang, dan terlihat seperti jantung manusia normal. Embrio jantung mulai berdetak sekitar hari ke-22 kehamilan. Sekitar umur empat minggu sudah mampu mengedarkan darah.

Ketika orang diminta menunjuk letak jantung, sebagian besar akan menyentuh sisi kiri dada. Ini adalah lokasi di mana organ yang digambarkan dalam ilustrasi Cupid, dan menjadi tempat yang untuk menghunus pedang mereka ketika menyelesaikan pertempuran dengan musuh di film-film.
Sebenarnya, jantung Anda letaknya di tengah-tengah dada, di belakang tulang dada Anda. Tapi mengapa rasanya seperti berada di sisi kiri?

Sisi kiri jantung bertanggung jawab untuk mendorong darah ke tempat terjauh dari tubuh Anda. Sisi kanan mengalirkan darah ke paru-paru, yang secara langsung berada tepat di sebelahnya. Untuk alasan ini, jantung tidak menggunakan banyak kekuatan untuk mengalirkan darah ke paru-paru, atau jika tidak malah merusaknya. Namun, jantung memberikan dorongan yang kuat untuk mengirim darah dalam perjalanan melalui arteri, dan itu tepat di sisi kiri jantung melakukan dorongan yang kuat, atau tepatnya memutar.
Fakta Unik Tentang Jantung Kita
Sel-sel saraf dalam tubuh Anda tidak bisa bekerja kecuali ada rangsangan eksternal. Pengecualian yang merupakan simpul sinoatrial (SA node), seikat neuron yang sangat unik yang mampu menjalankan dirinya sendiri. SA node berdetak sekali tiap satu detik, dan muatan listrik yang dihasilkan berguna untuk memompa jantung Anda, mengedarkan darah Anda, dan pada akhirnya, mengapa setiap bagian dari tubuh Anda dapat berfungsi.

Ketika memompompa, jantung mengkonstriksi dan kemudian melemaskan diri dan mengerut lagi dengan detak jantung berikutnya. Ketika jantung berdetak, sinyal listrik melewati bagian atas jantung, dekat atrium (ruang atas), turun melalui ventrikel (ruang bawah).

Pada saat ini, sinyal listrik jantung telah melewati atrium ke ventrikel, jadi sementara atrium beristirahat, terjadi kontrak ventrikel. Hal ini memaksa darah keluar dari katup keluar dan masuk ke dalam tubuh, dan pada saat ruang bawah dan katup keluar beristirahat, ruang atas dan katup masuk yang menerima konfirmasi sinyal listrik lain. Proses ini berulang sekali tiap detik.

Jantung Anda memompa 60 kali per menit, 100.000 kali sehari dan 3 miliar kali selama rata-rata seumur hidup. Lebih banyak orang meninggal karena penyakit jantung daripada penyebab lainnya. Tapi bukan berarti penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu.
Fakta Unik Tentang Jantung Kita

Kemampuan tumbuh untuk menghentikan penyakit menular, ditambah dengan perubahan gaya hidup radikal yang dibawa oleh modernisasi. Pada tahun 1900, penyakit jantung mengisi sekitar 10 persen dari semua sebab kematian. Sekarang, penyakit jantung menjadi penyebab kematian 35 sampai 40 persen dari semua kematian.
Kemajuan teknologi dan otomatisasi selama abad ke-20 memberikan kesempatan kita lebih sedikit melakukan kerja fisik yang berat.

Transplantasi Jantung
Operasi transplantasi jantung tidaklah mudah bagi dokter atau pasien, operasi yang berhubungan langsung dengan peluang yang tidak terlalu tinggi dan masa pemulihan pada pasien transplantasi. Prosedur ini begitu menakjubkan dan tidak dapat dilakukan untuk semua orang, tetapi dapat memperpanjang hidup pasien dengan kelainan jantung bawaan atau penyakit jantung koroner.
Operasi transplantasi jantung manusia pertama dapat dikatakan hampir sukses. Ketika jantung yang baru dapat bekerja dengan sempurna, obat-obatan untuk mencegah penolakan organ menyebabkan pneumonia, membunuh penerima transplantasi 18 hari kemudian. Mengambil jantung dan menggantinya dengan milik orang adalah tantangan besar untuk menambah tingkat kelangsungan hidup pasien cangkok jantung.
Pada tahun 1983, obat anti-penolakan baru disebut dengan siklosporin sangat meningkatkan peluang sukses bagi pasien transplantasi. Berkat obat ini dan kemajuan yang berkelanjutan, sekitar 4 dari 5 orang yang menjalani prosedur transplantasi jantung masih hidup dalam dua tahun.

Jantung, bagian dalam tubuh kita bekerja tanpa henti meskipun kita tidur pulas, mengalirkan oksigen melalui darah setiap waktu. Dapat Anda bayangkan bagaimana kondisi sebuah mesin yang berputar selama 50 tahun tanpa henti, tentu terjadi kendala yang terjadi. Itulah sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan kita dengan selalu rutin olahraga, makan makanan yang bergizi dan melakukan pola hidup sehat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon