Jumat, 14 November 2014

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat
Ingatan adalah rekaman kejadian yang sudah kita lewati di masa lalu. Terdapat kenangan menyenangkan, tapi ada juga kenangan buruk yang selalu ingin kita lupakan. Meskipun sebagian besar orang mengalami masa-masa kehilangan daya ingat seiring dengan penuaan, tapi ada langkah-langkah proaktif untuk melindungi memori kita, dan juga meningkatkan daya ingat kita meskipun sudah menua. Pada dasarnya, segala sesuatu yang sehat bagi tubuh kita, juga baik untuk otak dan memori Anda.

Makanan bergizi
Otak sangat rentan terhadap keausan dan penurunan fungsi dari waktu ke waktu. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin B atau asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan otak, memori dan berpikir sampai usia tua. Makanan yang sangat baik untuk otak termasuk berry, kenari, ikan, sayuran hijau gelap, kunyit, bayam dan jus jeruk.

Menjaga kesehatan jantung
Banyak ahli otak menggunakan ungkapan "apa yang baik untuk jantung baik juga untuk otak" sebagai semboyan untuk menggambarkan kesehatan mental yang baik. Orang-orang yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan jantung akan bermasalah juga dengan memori dan kognitif. Semakin lama seseorang telah memiliki penyakit jantung, semakin buruk kemampuan kognitif mereka. Merawat jantung berarti merawat otak. Menjaga kesehatan jantung dpat dilakukan dengan cara antara lain:

  • Mengontrol tekanan darah tinggi
  • Mengontrol kadar kolesterol
  • Mengontrol gula darah
  • Menghindari konsumsi alkohol
  • Tidak merokok
Berhenti merokok meningkatkan kesehatan jantung, yang akhirnya berkaitan dengan kesehatan otak, yang juga mungkin memiliki dampak langsung pada memori. Perokok usia menengah telah terbukti memiliki daya ingat yang buruk daripada rekan-rekan mereka yang tidak merokok, terlepas dari faktor gaya hidup dan lainnya.
Mengendalikan faktor risiko kardiovaskular atau serangan jantung dan stroke terkait seperti obesitas, merokok, kolesterol tinggi, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, diabetes, juga baik untuk otak.

Berjemur di bawah sinar matahari
Peningkatan jumlah cahaya yang didapat seseorang setiap hari meningkatkan memori dan kemampuan kognitif. Hal ini terutama berlaku di antara mereka yang cenderung tertekan selama bulan-bulan selama musim hujan ketika sinar matahari sangat minim. Berjemur di bawah sinar matahari adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan di pagi hari untuk membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan memiliki efek untuk meningkatkan memori.

Tidur nyenyak dan bangun pagi
Studi menunjukkan bahwa burung hantu yang beraktivitas di malam hari memiliki nilai tes memori yang buruk daripada hewan yang bangun pagi. Namun, mendapatkan kualitas tidur sesuai dengan usia Anda mungkin lebih penting daripada bangun pagi. Usahakan untuk selalu tidur enam sampai delapan jam di malam hari. Meskipun akhir minggu dan libur, cobalah untuk tetap menjaga jadwal tidur yang sama seperti hari-hari biasa untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Mempelajari trik memori
Jika memori Anda tidak sebaik dulu, coba berlatih beberapa trik memori yang telah digunakan oleh para ahli dan politisi zaman dulu.
Visualisasi dan asosiasi keduanya membantu ketika mencoba untuk mengingat nama dan rincian. Misalnya, saat bertemu orang baru, ulangi nama mereka beberapa kali dan memvisualisasikan suatu objek, benda atau hewan yang akan membantu Anda mengingat nama mereka lebih mudah.
Ketika mencoba untuk mengingat rincian penting, gunakan teknik visualisasi zaman Yunani kuno. Bayangkan rumah Anda dan bayangkan Anda berjalan memasukinya. Ketika Anda mengunjungi kamar ke kamar dalam pikiran Anda, hubungkan setiap ruangan atau benda di setiap kamar dengan fakta atau gagasan bahwa Anda perlu mengingatnya nanti. Lakukan perjalanan mental ini beberapa kali dan ketika Anda mencoba kemudian, Anda dapat mengingat fakta-fakta atau ide-ide yang telah dikaitkan dengan kamar atau benda ini.

Memang semakin tua kita semakin pikun. Tapi ada beberapa orang yang sudah lanjut usia namun masih tetap tajam daya ingatnya. Semua ini tergantung dari kondisi kesehatan dan gaya hidup kita. Oleh karena itu, mulai sekarang mari kita hidup sehat.

Silahkan memberikan komentar, saran atau pertanyaan. Komentar Anda akan melalui proses moderasi oleh Admin.
EmoticonEmoticon